Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) UPTD SMPN 3 Sindang lndramayu Tahun 2023/2024

 

Indramayu. 30/10/2023-Sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 6 tahun 2018
tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah. Pasal 1 menerangkan tugas kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas untuk memimpin dan mengelola satuan pendidikan.

Kepala Sekolah sebagai manajer dalam memimpin dan mengelola sekolah yang memiliki tugas yang kompleks dan tanggung jawab yang sangat besar dalam menentukan kwalitas suatu sekolah, maka dalam hal ini tidak lepas dari kinerja kepala sekolah nya sebagai pemimpin.

Kinerja kepala sekolah adalah hasil yang dicapai kepala sekolah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi dan tanggung jawabnya dalam mengelola sekolah yang dipimpinnya. Maka itulah yang melatarbelakangi adanya agenda tahunan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten lndramayu yaitu PKKS.

Tahun 2023 ini SMPN 3 Sindang mendapatkan jadwal PKKS pada hari Senin tanggal 30 Oktober 2023 bertempat di Ruang Kelas Vlll A pada pukul 08.00 s d. 12.00 WIB.

Tim Asesor PKKS Dinas Pendidikan lndramayu melaksanakan tugasnya untuk menilai Kinerja Kepala Sekolah Tahun 2023 . Kegiatan ini dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari Drs. Muh. Firdaus, M.Pd. sebagai pengawas pembina dan H. Ade Sulaeman, M.Pd.sebagai penilai.

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) ini bertujuan untuk menilai Kinerja dari Kepala Sekolah yang dipimpinnya. PKKS ini juga untuk memperoleh data seperti pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, pelaksanaan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan, pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan.

PKKS ini dapat terlaksana secara efektif dan baik tentu tidak terlepas dari dukungan dan komitmen yang tinggi dari semua pihak terkait, khususnya dari seluruh dalam menjamin mutu pendidikan sekolah yang saling bersinergi dalam usaha meningkatkan kualitas sekolah.

Kepala SMPN 3 Sindang Tariwan, SPd. MM. dalam sambutannya bahwa dirinya sudah bertugas memimpin SMPN 3 Sindang selama 4 tahun dan telah melakukan berbagai tugas baik pembenahan, perbaikan dan peningkatan kualitas sarana dan prasarana sekolah serta semua tugas yang diembannya dalam manajerial sekolah. Alhamdulillah banyak sekali peningkatan secara kualitas dan peningkatan prestasi serta prestise sekolah.

Adapun Ketua Komite Sekolah H. Jerry Nurcahya, SH. MH. merasa bangga dan bersyukur karena sekolahnya telah mengalami peningkatan dan perubahan positif yang berarti baik dalam sarana dan prasarana seperti peningkatan kualitas lapangan dengan pengecoran dan pengecatan, adanya pemasangan CCTV, pemasangan lampu tembak lapangan sehingga bisa dipakai untuk kegiatan siswa di malam hari seperti kemah dll. Demikian juga prestasi yang terus menerus diraih dari tingkat lokal hingga nasional .

H. Ade Sulaeman, M.Pd. selaku tim penilai dalam sambutannya mengatakan bahwa setahun yang lalu juga telah menilai SMPN 3 Sindang dan mengakui banyak perubahan yang signifikan dalam hal sarana dan prasarana serta kualitas sekolah lainnya.

Beberapa catatan dari penilai H. Ade Sulaeman, M.Pd. yang perlu mendapat perhatian dalam PKKS ini diantaranya :
1. Tiap berkas penilaian semuanya siap dan lengkap ada.
2. Tiap komponen penilaian berkasnya ada sehingga semuanya lengkap centangnya.
3. Apresiasi yang tinggi untuk kepala dan tim kerja PKKS yang sangat baik.

Sedangkan H. Muh. Firdaus,MPd.
1. Program yang secara garis besar berupa Software, hardware dan Brainware perlu diperhatikan dan ditingkatkan.
2. Semuanya sudah bagus. Program umum, program kewirausahaan seperti Program kantin sehat, Prima Sigandang perlu dibuat program yang baik bukan hanya pelaksanaan saja yang sudah baik.
3. Penilaian Literasi dan numerasi sekolah meningkat walaupun harus perlu ditingkatkan.

Kepala Sekolsh mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada tim penilai yang telah melakukan PKKS, semoga hasilnya bisa lebih optimal dan bisa membawa kemajuan sekolah, karena sekolah yang hebat diantaranya dipimpin oleh kepala sekolah yang hebat.

(sujaya)