Desiminasi Budaya Positif di SMP Negeri 3 Rogojampi

Banyuwangi-menaramadinah.com, Dalam rangka menyelesaikan salah tugas tahapan Calon Guru penggerak (CGP),  Alifiyah Nurul Laili, S.Pd pada hari Jum’at 27 Oktober 2023 bertempat Laboratorium IPA melaksanakan aksi nyata Desiminasi Budaya Positif kepada guru-guru dan staf tata usaha muda SMP Negeri 3 Rogojampi.

Kegiatan yang dikemas dengan variatif, lugas, dan komunikatif menjadikan acara desiminasi dijadikan inspirasi bagi peserta guru -guru muda.

Dalam pertemuan itu, dijelaskan tentang diseminasi yang artinya penyampaian inovasi yang dapat merubah pola pikir.

Adapun materi yang disampaikan antara lain, perubahan paradigma, dispilin positif, motivasi perilaku manusia, kebutuhan dasar manusia, posisi kontrol guru, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi.
Pada salah satu materi Alifiyah Nurul Laili,S.Pd menjelaskan tentang cara menanamkan sikap disiplin dan pemberian hukuman kepada siswa.

Ada beberapa metode dalam menanamkan sikap disiplin atau memberikan hukuman kepada siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah.

Dalam hal ini, cara yang paling efektif adalah dengan teknik manajerial, yaitu peserta didik diberi tahu kesalahannya, kemudian diminta konsekuensi dan tanggung jawabnya, pungkasnya.
Pada saat sambutan Kepala SMP Negeri 3 Rogojampi, Bunda Yuli Eka Ismarini, S.Pd menyampaikan harapan kepada para peserta untuk bersemangat mengikuti kegiatan desiminasi dalam rangka mensukseskan program merdeka belajar.

Banyak ilmu dan pengalaman baru yang dapat diterapkan di SMP Negeri 3 Rogojampi dalam rangka mensukseskan implementasi kurikulum merdeka yang sudah dicanangkan pemerintah.

Mudah-mudahan kedepan SMP Negeri 3 Rogojampi memiliki guru-guru penggerak lebih banyak, sehingga menjadikan sekolah maju dan berkembang, tegasnya. (Rishje)