Materi Public Speaking : Kenakalan Remaja Masa Kini

Catatan Anis Yuni Maulida Mahasiswi PAI FTK Uinsa
Surabaya, Menara Madinah Com
Inilah materi pidato kami dengan judul ; Kenakalan Remaja Masa Kini dibimbing langsung oleh Ustad Yahya Aziz Dosen Mata Kuliah Public Speaking FTK UINSA

السلام عليكم ورحمة الله
وبركاته
الحَمدُ لِله, الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالِميْنَ وَ بِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى اُمُورِ الدُنْيَا وَالدِّيْنِ وَ الصَّلاةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى أَصْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَ المُرْسَلِيْنَ وَ عَلَى ألِهِ وَالصَّحْبِهِ أَجْمَعِيْنُ. أمَّا بَعْدُ.
Perlu diketahui, masa remaja merupakan masa yang penuh dengan harapan, penuh dengan cita-cita dan penuh dengan romantikan kehidupan yang sangat indah.
Keindahan masa remaja dihiasi dengan bentuk fisik yang masih kuat, berjalan masih cepat, pendengaran masih akurat fikiran masih cermat, kulit wajah indah mengkilat, walaupun banyak jerawat tapi insyaAllah masih banyak obat ditoko-toko terdekat.
Oleh karena itu pantas bila para pemuda dan remaja merupakan salah satu penentu maju mundurnya suatu negara. Sebagaimana syech musthofa al ghalayyin seorang pujangga mesir alam kitab ‘Idzhotun Nasyi’in mengatakan:
inna fi yadi al-syubban amral ummah # wa fi iqdamihim hayataha Sesungguhnya pada tangan2 pemudalah terdapat urusan umat dan pada kaki-kaki merekalah terdapat kehidupan umat.
Teman2 yang berbahagia
Coba kita renungkan kehidupan sekarang. Dari tingkah polah yang urakan dan tidak ada sopan santunnya dalam bahasa. Hanya karena 1 alasan yaitu ingin disebut gaul. Betul apa betul
Mulai dari remaja yang suka berkata kasar, remaja yang suka minum minuman keras, remaja yang suka balap motor liar bahkan remaja yang suka terhadap pergaulan bebas.
Inilah gaul yang tiada arti yang hanya menjadi menjadi cemohan orang2 saja.
Bukanlah pujian yang akan diterima oleh mereka yang menyebit dirinya gaul tadi, melainkan laknat yang akan diterimanya naudzubillah.
Sebagaiamana firman Allah pada QS. Ali Imron ayat 104
وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ 104.
“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.”
Teman-temanku yang saya cintai,
apakah mungkin dengan kita hidup bebas, berfoya-foya, hidup tanpa aturan, kemudian hidup kita akan bahagia. Tentu tidak, tapi itulah yang terjadi pada anak remaja jaman sekarang, mereka lebih banyak menghabiskan kuota bergiga-giga untuj hal yang tak berguna,
Anak remaja jaman sekarang juga lebih senang youtuban dibandingkan baca al-qur’an
Anak remaja jaman sekarang lebih senang tiktokan dibandingkan sholawatan
Bahkan Anak remaja jaman sekarang lebih rela bangun tengah malam untuk video callan daripada tahajuddan
Betul?
Betapa mirisnya, manusia jaman sekarang lebih menyukai kesenangan dunia dan rela meninggalkan akhirat. Bagaimana bangsa ini akan maju, bagaimana bangsa ini akan hilang dari penderitaan jikalau pemuda pemudinya yang merusak bangsanya sendiri
شَبَابُ الْيَوْمِ رِجَالُ الْغَدِ
Pemuda masa kini adalah pemimpin dimasa yang akan datang
Makadari itu teman-teman kita patut bersyukur kepada Allah karena berada dilingkungan kampus yang insyaAllah dimulyakan Allah. Yang mana remajanya lebih gemar membaca al-quran daripada rasan-rasan. Yang mana remajanya lebih suka bersholawat daripada bermaksiat.
Shollu ‘ala nabi muahmmad…..

Demikianlah yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf.
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Barakallah…