Lembaga Pendidikan Islam : Pondok Pesantren Mambaus Solikhin Gresik.

Catatan Aqilla Milania Tsani dkk & Yahya Aziz, Saefullah Azhari : Mahasiswi PIAUD & Dosen FTK UINSA.

Surabaya, Menara Madinah Com.
Inilah riset penelitian kami :
1.Aqillah Milania Tsani
06070921088
2.Qurrotun Nada Zahroh Abidah 06040923085
3.Maghfirotun Khasanah
06040923074
Ke 3 mahasiswi ini dibimbing langsung oleh Yahya Aziz & Saefullah Azhari Dosen FTK Uinsa dalam riset penelitian mata kuliah Pancasila & Bahasa Indonesia dengan tema : Pondok Pesantren Mambaus Solihin Gresik.

SEJARAH SINGKAT PONDOK PESANTREN*
*”MAMBAUS SHOLIHIN SUCI GRESIK”*

*Sejarah singkat*
Pondok Pesantren Mambaus Sholihin berlokasi di Jl. KH. Syafi’i No. 7 Suci Manyar Gresik, 7 km dari pusat kota Gresik. Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dirintis oleh KH. Abdullah Faqih yang merupakan ayahanda dari KH. Masbuhin Faqih sejak tahun 1969. Berbentuk surau kecil untuk mengkaji Alquran dan kitab kuning (sebutan untuk kitab kajian keislaman yang dicetak dengan kertas kuning. Pada 1976 KH. Masbuhin Faqin mendapatkan restu sekaligus perintah untuk berjuang di masyarakat oleh guru beliau KH. Abdullah Faqih Langitan. Namun belum juga berani mendirikan pesantren. Atas nasehat, dorongan dan perintah dari guru-guru beliau, KH. Abdul Hadi Zahid Langitan, KH. Abdullah Faqih Langitan, KH. Utsman al Ishaqiy Surabaya, KH. Abdul Hamid Pasuruan, KH. Dimyathi Rois Kaliwungu, Habib al Idrus dan Habib Macan Pasuruan akhirnya pada tahun 1980 KH. Masbuhin Faqih mendirikan pesantren di lokasi yang disepakati oleh para gurunya.Pesantren itu dinamakan “At Thohiriyah” sesuai nama desanya, Suci. Sedangkan nama madrasahnya “Roudhotut Tholibin” mengikut nama masjid “Roudhtus Salam”. Namun atas saran KH. Ustman al Ishaqiy, nama itu dirubah menjadi Mambaus Sholihin, yang berarti sumber orang-orang shaleh.

*Nama Pendiri Dahulu – Sekarang*
1. Alm. Al Mukarrom KH. AbdullahFaqih
2. KH. Masbuhin Faqih
Biografi
KELAHIRAN:
KH. Masbuhin Faqih lahir pada tanggal 31 Desember 1947 Masehi atau 18 Shafar 1367 Hijriyah di desa Suci kec. Manyar Kab. Gresik. Beliau merupakan putra pertama dari lima bersaudara, dari pasangan KH. Abdullah Faqih dan Hj. Tswaibah.
NASAB:
Beliau memiliki silsilah yang mulya dan agung, yakni sampai ke Sunan Giri. Kalau diruntut, maka beliau adalah keturunan ke-12 dari kanjeng Sunan Giri Syekh Maulana Ishaq.

Kurikulum Pesantren Mambaus Sholihin mengadopsi perpaduan sistem salafiyah-modern dalam sistem pengajarannya dan telah mempunyai ribuan santri dan santriwati hingga saat ini.

Jumlah santri dan alumni
Pondok Pesantren ini telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai daerah dan Saat ini jumlah santri pondok pesantren Mamba’us Sholihin hampir mencapai 6000 santri.

*Kiprah alumni pondok pesantren*
MQK Mambaus Sholihin Berikan Kemampuan Terbaik Dan Pulang Sebagai Juara Umum II, Pesantren Berikan Apresiasi Terbaik Untuk Para Juara Musabaqoh Qiro’atil Kutub Tingkat Provinsi Jawa Timur. Berkat dukungan para guru, serta barokah daripada masyayikh, Mambaus Sholihin kembali berhasil mengukir prestasi, mengantarkan Kabupaten Gresik sebagai Juara Umum kedua

Tausyiyah romo KH. Masbuhin Faqih pengasuh pondok pesantren mamba’us sholihin gresik jawa timur :
dari wasiat masyayikh beliau ” pengajaran dan tarbiyah di pondok pesantren itu hrs didasari dengan
1. Tafaqquh fiddin (mempelajari dan mendalami ilmu agama)
2. Tawajjuh ilallah
3. Tahalluk bi ahlaqil karimah.

Sehingga betul-betul santri itu selamat di dunia dan akhiratnya”
Barakallah