Kadinas Dikbud Doakan SMP PGRI 1 Buduran Juara Olimpiade

SIDOARJO – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Dr. Tirto Adi, M.Pd memberikan dukungan kepada SMP PGRI 1 Buduran yang akan mengikuti Olimpiade Sekolah PGRI Tingkat Nasional di Palembang, tanggal 7 – 10 September 2023. Dukungan dan motivasi ini diberikan pada saat perwakilan tim olimpiade tersebut mohon doa restu di kantor dinas, Jum’at (1/9/2023).

“Dinas memberikan dorongan keberangkatan SMP PGRI 1 Buduran ke kancah nasional. Mengingat, SMP PGRI 1 Buduran merupakan salah satu sekolah swasta yang bagus di Kabupaten Sidoarjo. Yang dulu pernah dibranding dengan campur sari di TVRI Jawa Timur. Semoga tim tari yang mengikuti olimpiade bisa sukses, menang, dan menjadi juara pertama. Membawa nama harum Sidoarjo,”katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo berpesan, bukan hanya peserta didiknya yang didorong untuk mengikuti olimpiade. Untuk mendatang, guru dan kepala sekolah diupayakan untuk ikut juga. Khususnya untuk mengembangkan best practice, yang bisa mencakup prestasi kepala sekolah, prestasi lembaga, prestasi guru, dan prestasi peserta didik.

“Kuncinya adalah komitmen dan konsisten, benar-benar dikembangkan secara positif. Semuanya akan kami fasilitasi. Karya hasil sendiri seharusnya dihak pantenkan, terdaftar di Hak Kekayaan Intelektual sesuai Undang-Undang Hak Cipta, supaya tidak dibajak orang lain. Saya dukung One School One Inovation, termasuk di bidang seni budaya,”katanya.

Perwakilan tim olimpiade tersebut terdiri dari: Ketua Perwakilan YPLP PGRI Kabupaten Sidoarjo, Suprapto, S.Pd, M.Pd dan Sekretaris, Drs. Umar, MM, M.Si; Kepala SMP PGRI 1 Buduran, Indrajayanti Ratnaningsih, S.Si, M.Pd dan Wakasek, Dra. Eva Wahyuda, M.Pd. Disertai koordinator seni, Dra. Luluk Koerniati; pembina tari, Pungky Sandratari, dan humas, Drs. Koesmoko dan Gilang Ilham Mahendra, S.Pd serta 3 orang peserta didik sebagai penari, Osella Mackenzie Pratiwi, Novia Mentari Puspita Pramiske, Wanti Amaliah.

Sebelumnya Ketua Perwakilan YPLP PGRI Kabupaten Sidoarjo, Suprapto, S.Pd, M.Pd melaporkan, SMP PGRI 1 Buduran, Sidoarjo mewakili Jawa Timur untuk mengikuti Olimpiade Sekolah PGRI Tingkat Nasional di Palembang untuk bidang seni tari. Akan membawakan tari hasil karya sendiri, berjudul “Kedunglulang Tanggulangin”.
Sementara itu, pembina tari SMP PGRI 1 Buduran sekaligus pencipta Tari “Kedunglulang Tanggulangin”, Pungky Sandratari menyebutkan, tari tersebut terinspirasi dari Desa Tunggalangin sebagai penghasil kerajinan kulit.

Selama pandemi Covid-19, usaha tersebut mati. Namun kini, bersemangat untuk bangkit kembali. Mulai mengolah kulit mentah hingga menjadi produk, yang tidak kalah dengan produk yang sudah branding.
(Koesmoko, Humas SMP PGRI 1 Buduran)