Pelaksanaan Operasi Pasar Oleh PT. Jatim Grha Utama Di Sejumlah Pasar Pulau Jawa: Menjaga Kestabilan Harga Pangan Di Masyarakat.

Surabaya-menaramadina.com PT. Jatim Grha Utama merupakan perusahaan yang bergerak dalam berbagai macam bidang, baik infrastruktur, ekonomi, properti, dan keuangan lainnya.

PT. Jatim Grha Utama memiliki salah satu program kerja dalam hal ekonomi khususnya perencanaan dalam menstabilisasikan harga bahan pangan, yang merupakan salah satu bentuk pengamanan tersendiri bagi para pedagang yang menjual mahal serta mencurangi penjualannya dengan cara melaksanakan Operasi Pasar pada beberapa pasar yang ramai akan pengunjung agar nantinya mereka paham dan mengenal serta merasakan dampak dari adanya kegiatan operasi pasar di Indonesia.

Secara hukum perdagangan di Indonesia, dijelaskan bahwa seorang pedagang boleh meraup keuntungan dalam presentase 10,15, hingga 20% namun lebih dari itu bisa dikenakan sanksi dan tindak pidana.

Dikutip dari databoks yang dijelaskan terkait Komoditas Pangan dengan Kenaikan Harga Tertinggi pada Juni 2022 ditemukan sebuah penelitian baru.

Secara umum, indeks harga pangan dunia telah naik 23,1% pada Juni 2022. Namun, jika dilihat secara bulanan, indeks harga pangan ini sudah lebih rendah dibanding April hingga Mei 2022.

Selain itu indeks harga global kelompok dairy atau susu dan produk olahannya naik 24,9% (yoy), indeks harga daging naik 12,7% (yoy), dan indeks harga gula naik 8,9% (yoy) pada Juni 2022. Bersama Pemprov Jawa Timur, PT. Jatim Grha Utama ini bekerjasama dan ikut turut berkontribusi dalam menekan angka kenaikan harga bahan pangan.

PT. Jatim Grha Utama dan Pemprov Jawa Timur sangatlah cekatan, dalam hal ini kerjasama antara PT. Jatim Grha Utama dan Pemprov Jawa Timur sangat berperan penting khususnya dalam menstabilkan harga bahan pangan di Indonesia, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terkait harga bahan pangan yang melambung karena berjalannya kegiatan Operasi Pasar ini oleh Pemprov Jawa Timur dan PT. Jatim Grha Utama

Audry Valencia Jeta Zafira sebagai mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur sekaligus peserta magang MBKM di PT. Jatim Grha Utama. Audry menyatakan opini publikasi terkait Operasi Pasar ini yaitu “Dalam meningkatkan suatu masyarakat yang mandiri ekonom kesehatan yang terjaga, serta kemudahan masyarakat dalam memilah kembali dikarenakan pemasukan dinamakan Operasi Pasar merupakan salah satu langkah besar paling awal, khususnya dalam menekan dan menjaga kestabilan ekonomi di pasar dan menetapkan rata-rata harga penjualan bahan pangan. Sehingga Pemprov Jawa Timur bersama PT. Jatim Grha Utama ini mampu merubah ekonomi di salah satu transaksi jual beli pasar melalui kegiatan ini”

Husnu Mufid