KKN-T 73 UPN VETERAN JAWA TIMUR SUKSES MENYELENGGARAKAN JALAN SANTAI BERTAJUK “MLAKU BARENG SEHAT BARENG” DALAM RANGKAIAN “BERSIH DESA” DESA SUMBERAGUNG, KECAMATAN GONDANG

 

Isi : Nganjuk-Menaramadina.com
[Nganjuk, Mei 2023] – Kelompok Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) 73 skema Desa Wisata, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, telah sukses menyelenggarakan program kerja terbesarnya yakni Jalan Santai bersama warga Desa Sumberagung yang bertajuk “Mlaku Bareng Sehat Bareng”.

Agenda ini turut menyemarakkan rangkaian kegiatan desa, yakni “Bersih” Desa yang dimulai tanggal 14 Mei hingga 26 Mei 2023, yang ditutup dengan kegiatan Jalan Santai pada 28 Mei 2023 yang diselenggarakan oleh KKNT Kelompok 73.

Dalam persiapannya, kelompok 73 melakukan pembagian kerja, mulai dari acara, sponsor, humas, dan lainnya. Persiapan kurang lebih membutuhkan waktu 2 (dua) minggu.

Sedari melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yakni perangkat desa serta pelaku UMKM, pembuatan proposal sponsor guna pengumpulan dana kegiatan, pembelian hadiah doorprize, pencetakan dan penyebaran kupon, pemasangan tenda, dan hal-hal peminjaman alat-alat yang diperlukan.

Kegiatan ini juga menjadi ruang dalam diresmikannya revitalisasi Embung Sumberagung, ditandai dengan pemasangan spot foto dan sign system.

Dalam pelaksanaannya, berbekal dari hal-hal yang telah dipersiapkan, kelompok 73 melakukan pemantapan dan koordinasi antar anggota. Kemudian, kegiatan dimulai dengan lokasi start di Lapangan depan Masjid Abu Bakar Ash Siddiq pukul 06.30 WIB. Perjalanan menuju embung ditempuh dengan waktu kurang lebih 30menit.

Peserta Jalan Santai sangat bersemangat melakukan kegiatan ini. Sesampainya di embung, para pedagang telah meramaikan lokasi, dan para peserta jalan santai dapat langsung memeriahkan stand bazar yang ada. Selanjutnya dilakukan peresmian revitalisasi embung oleh Bu Jumarsih selaku Kepala Desa dan Ketua Kelompok 73,

Andhika Wira. Kegiatan dilanjutkan dengan acara utama yakni pengundian dan pembagian doorprize, serta berbagai games untuk anak-anak, dan orang dewasa, seperti lomba balap karung, makan kerupuk, balon, dan lain-lain. Jalan Santai ini berakhir pada pukul 10.00 WIB dan ditutup dengan pembagian hadiah utama serta foto bersama.

Kezia Angelin selaku ketua pelaksana dari kegiatan Jalan Santai ini menyampaikan, suksesnya kegiatan Jalan Santai dan peresmian program kerja revitalisasi Embung Sumberagung tidak lepas dari kerja keras seluruh anggota kelompok 73 serta partisipasi dan dukungan dari seluruh masyarakat Desa Sumberagung, “Saya berharap potensi wisata dari Embung Sumberagung dapat semakin berkembang dan dijaga kelestariannya” tambahnya. Anggota lainnya, yakni Alyaa’ Chiquita selaku tim humas dan sponsor menyuarakan perasaan senang serta lega karna dapat berpartisipasi dan menyelesaikan kegiatan ini dengan baik.

Disampaikan juga ia tidak menduga bahwa brand besar seperti Dancell mau membantu untuk keberhasilan kegiatan ini. “Syukur Dancell mau bekerja sama sebagai sponsor, senangnya juga siswa SD dan Kelompok Belajar sangat bersemangat dengan adanya kegiatan ini, terbukti dengan aktif nya mereka dalam keikutsertaan lomba, para ibu-ibu juga tak mau kalah meramaikan acara dengan cara menyumbangkan lagu dan mengikuti lomba” ungkapnya. “Namun kendalanya, perangkat desa kurang memberi sokongan dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini, hanya satu dua orang saja yang aktif dan bersemangat membantu kami” lanjutnya.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 73 ini juga menjadi salah satu kesempatan bagi pedagang atau pelaku UMKM yang ada di desa, karena hal ini dapat meningkatkan aspek ekonomi dan aspek sosial dalam masyarakat.

Salah satu pedagang yang turut serta dalam Jalan Santai ini menyampaikan, bahwa adanya kegiatan ini sangat membantu membangkitkan pendapatan dan perasaan senang karena jarang sekali ada kegiatan yang dapat mengumpulkan seluruh warga desa, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia seperti kegiatan Jalan Santai ini. Dengan demikian, kelompok 73 sukses dalam penyelenggaran Jalan Santai “Mlaku Bareng Sehat Bareng”. Husnu Mufid