IMPLEMENTASI SKEMA DESA WISATA SEBAGAI KESADARAN MENJAGA LINGKUNGAN WISATA OLEH KKN-T Kelompok 73 UPN “Veteran” JAWA TIMUR

Nganjuk-Menaramadina.com
(Nganjuk, 23/05/2023) KKN-T Kelompok 73 UPN “Veteran” Jawa Timur telah sukses melaksanakan program mengajar di SDN 1 Sumberagung yang tepatnya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk. Kegiatan mengajar ini dilakukan sebagai pengabdian masyarakat di Desa Sumberagung dan juga sebagai implementasi dari skema desa wisata untuk menumbuhkan kesadaran dalam menjaga lingkungan wisata yang berada di Desa Sumberagung. Penanaman kesadaran sejak dini kepada siswa dan siswi SDN 1 Sumberagung ini dapat menjadi dampak yang baik untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap lingkungan wisata dan sekitarnya.

Kegiatan mengajar di sekolah dasar ini berlangsung selama 3 pekan dan mendapatkan respon yang positif dari setiap siswa dan siswi SDN 1 Sumberagung. Guru-guru pun juga terbuka dan ramah dalam menyambut kedatangan kami dan beliau merasa sangat terbantu oleh keberadaan kami. Para siswa dan siswi juga menyambut dengan antusias setiap pengajaran yang disampaikan oleh mahasiswa KKN-T Kelompok 73.

Kegiatan mengajar ini diawali dengan melakukan koordinasi kepada kepala sekolah SDN 1 Sumberagung, lalu izin untuk memasuki kelas dan memulai untuk mengajar siswa siswi SDN 1 Sumberagung yang berada di kelas 1,2, dan 3. Rangkaian kegiatan mengajar saat berada di dalam kelas diawali dengan berdoa untuk memulai kegiatan, melakukan ice breaking untuk menambah semangat setiap murid, pemaparan materi tentang “SAMPAH”, kegiatan menggambar, games berhadiah, lalu doa penutup. Setiap kegiatan yang kami berikan kepada para murid memberikan kesan yang berbeda dan menarik karena media yang kami gunakan adalah film animasi dan edukasi, hal ini menjadikan mereka dapat memperhatikan dan mengerti setiap materi yang dijelaskan.

Interaksi dengan murid sekolah dasar menjadi pengalaman yang baru dan berharga. Dan kegiatan mengajar yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Kelompok 73 dapat menjadi hal yang berkesan dan bermanfaat di hati para murid dan guru SDN 1 Sumberagung. Kegiatan mengajar ini juga menjadi kesempatan yang baik dan baru, sehingga meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap pendidikan. Dengan demikian, kegiatan mengajar di SDN 1 Sumberagung telah sukses dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T Kelompok 73 UPN “Veteran” Jawa Timur husnu mufid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *