17 Mutiara Hikmah Tokoh Pendidikan Indonesia Ki Hajar Dewantara

Catatan Yahya Aziz, Usman Yudi, Saefullah Azhari Dosen FTK Uin Sunan Ampel Surabaya.

Di Indonesia peran penting sejarah pendidikan nasional tidak lepas dari nama Ki Hajar Dewantara.

Nama asli beliau adalah Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, sebagai tokoh yang sangat peduli dengan dunia pendidikan beliau mendirikan lembaga pendidikan TAMAN SISWA pada 3 juli 1922, sebuah lembaga pendidikan yang mempromosikan pendidikan demokratis dan bersifat nasionalis.

Beliau lahir Pakualaman 2 mei 1889 dan wafat di Jogjakarta 26 april 1959 pada usia 59 tahun.

Ki Hajar Dewantara mengemban misi besar untuk mencerdaskan bangsa Indonesia dengan cara menghilangkan sistem pendidikan yang bersifat kolonial dan menggantikan dengan pendidikan yang berakar pada budaya lokal.

Inilah mutiara mutiara hikmah tentang pendidikan oleh Ki Hajar Dewantara, :
1. Dengan Ilmu Kita Menuju Kemuliaan.
2. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodrat nya sendiri. Pendidik hanya dapat mengarahkan nya.
3. Pengaruh pengajaran itu umumnya memerdekakan manusia atas hidupnya lahir, sedang merdekanya hidup batin terdapat dari pendidikan.
4. “AMONGSYSTEM” yaitu : Mendukung kodrat alamnya anak-anak yang kita didik, agar dapat mengembangkan hidupnya lahir & batin menurut kodratnya sendiri-sendiri.
5. Percaya, tegas, penuh ilmu hingga matang jiwanya, serta percaya diri, tidak mudah takut, tabah menghadapi rintangan apapun.
6. Kekuatan rakyat itulah jumlah kekuatan tiap-tiap anggota dari rakyat itu. Segala daya upaya upaya untuk menjunjung derajat bangsa tak akan berhasil kalau tidak dimulai dari bawah. Sebaliknya rakyat yang sudah kuat akan pandai melakukan segala usaha yang perlu atau berguna untuk kemakmuran negeri.
7. Orang yang mempunyai KECERDASAN BUDI PEKERTI itu senantiasa memikir-mikirkan dan merasa-rasakan serta selalu memakai ukuran, timbangan dan dasar dasar yang pasti dan tetap.
8. Dimana ada kemerdekaan disitulah ada DISIPLIN. Sesungguhnya disiplin itu bersifat SELFDISIPLIN, kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka.
9. Dalam berbicara seseorang harus tetap berpikiran jernih, hingga dapat mencetuskan ide-ide unggul dan berakhir dengan kemenangan.
10. Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja tetapi harus juga mendidik si murid akan dapat mencari sendiri pengetahuan dan memakainya untuk kepentingan umum.
Pengetahuan yang baik dan perlu itu yang bermanfaat untuk keperluan lahir batin dalam hidup bersama.
11. Tujuan pendidikan dan pengajaran yang berguna adalah untuk memerdekakan kehidupan manusia.
12. Di dalam hidup peserta didik ada 3 tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan, yaitu : a). Alam keluarga, b). Alam perguruan, c). Alam pergerakan pemuda.
13. Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah.
14. Dengan ilmu kita menuju kemuliaan.
15. Hormati adat istiadat dan budaya bangsa agar tidak mengganggu persatuan negara dan bangsa Indonesia.
16. Apapun yang dilakukan oleh seseorang, hendaknya bermanfaat bagi bangsa, manusia dan pada dunia umum nya.
17. Pendidikan dan pengajaran di NKRI harus berdasarkan kebudayaan, kemasyarakatan menuju ke arah kebahagiaan lahir dan batin.

Inilah 17 mutiara2 hikmah pendidikan dari KI HAJAR DEWANTARA, apabila kita terapkan dalam suasana pendidikan masa kini, pendidikan di Indonesia akan maju dan bermartabat di dunia ini…semoga….!
Barakallah…