DPR RI Komisi X Fraksi Golkar H. Muhamad Nur Purnamasidi: Bangun Ekosistem Pariwisata Berbasis Komunitas.

Jember, Menaramadinah.com. Kolaborasi dan Sinergi menjadi kunci utama dalam membangun ekosistem kepariwisataan yang terintegrasi, kohesif dan komprehensif. Ungkap H. Muhamad Nur Purnamasidi DPR RI Komisi X Fraksi Partai Golkar Dapil Jatim IV Jember Lumajang.

“Tata kelola Desa Wisata berkualitas meniscayakan penguatan berbasis komunitas agar dapat berkembang optimal serta berkelanjutan. Desa Wisata Pujon Malang dapat kita jadikan potret, prototype bagaimana tata kelola yang melibatkan unsur pentahelix yang baik.” Tegas Politisi Senayan yang akrab disapa. Bang Pur ketika membuka Giat Bimbingan Teknis (BIMTEK) Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Desa Wisata Kabupaten Jember, di Hotel Aston, Sabtu (15/4/2023)

Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf RI Harwan Ekoncahyo berharap Jember Festival Carnifal (JFC) yang sudah berskala internasional menjadi daya magnet serta “jembatan penghubung” dalam membangun serta mengembangkan Potensi Kreatif sektor Pariwisata.

Merupakan tantangan sekaligus peluang untuk bagaimana JFC dikoneksikan, menjadi daya dukung utama dalam pengembangan pariwisata di Jember. Sehingga efect domino sektor pariwisata menjadi pengungkit peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Imbuhnya.

Sementara itu, Cak Harry Agustriono mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI. “Kemitraan yang dibangun menjadi motivasi sekaligus penyemangat bagi kami untuk terus bergerak, menjadikan Jember sebagai destinasi wisata yang maju dan berkembang.” Terangnya

Hadir sebagai narasumber yakni
Budi Setiawan yang merupakan dosen Universitas Pradita. Acara dipandu oleh Moderator Suprayoga Wicaksono,
diikuti 100 peserta Bimtek lintas profesi, komunitas Ekonomi Kreatif, pelaku UMKM dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Red. Alien.