“SMP Negeri 3 Rogojampi berbagi Takjil di Ramadhan 1444 H / 2023 H”

Banyuwangi, menaramadinah.com
Hari Kamis sore menjelang berbuka puasa (13/3/2023) SMP Negeri 3 Rogojampi melaksanakan Kegiatan aksi sosial kemanusiaan ini dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadhan1444 H / 2023 M yang penuh berkah.

Sejumlah peserta didik dengan senang hati dan  antusias membagikan 300 (tiga ratus) paket takjil dari beberapa menu (kolak kacang ijo, es timun serut, es buah, es capucino cincau campur) yang disebar di jalan protokol Rogojampi Banyuwangi (sekitaran pasar) sasarannya adalah warga sekitar yang berlalu lalang disepanjang jalan.

“Munculnya ide berbagi takjil gratis kepada masyarakat merupakan bagian kegiatan yang berasal dari inisiatif peserta didik yg tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah dan  OSiS SMPNegeri 3 Rogojampi itu sendiri dan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun sekali di bulan Ramadhan,” ujar Candra selaku Pratama (ketua) Paspraga.

Lebih lanjut candra menyampaikan, teman-teman mengumpulkan dana dari iuran sebagian  uang saku anggota sehari-hari sebelum Ramadhan dan uang kas organisasi, mereka juga ingin berkegiatan di luar sekolah sebagai bentuk sarana implementasi sosial kemanusiaan. Dengan tujuan memberikan pembelajaran pentingnya berbagi untuk sesama dalam kebermanfaatan.

Kegiatan ini diikuti oleh para anggota aktif pengurus dan anggota Dewan penggalang pramuka (Paspraga SMP Negeri 3 Rogojampi) dan pengurus OSIS dengan didampingi masing-masing pembina. Mereka bergerak bersama dengan mengikuti arahan dan pendampingan yang diberikan. Para anggota antusias berkegiatan karena mereka menganggap ini merupakan salah satu momen yang berkesan dalam dunia sosial kemanusiaan.

Harapannya kegiatan ini dapat memberikan dampak dan kesan positif kepada anggota sebagai sarana pembentukan karakter. Itu disampaikan pembina sekaligus pelatih, Novitasari, S.Pd ” kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan solidaritas anggota dan memberikan pemahaman akan pentingnya kesadaran dari setiap individu tentang pentingnya peduli dan berbagi.

Pada intinya berbagi sebagai wujud peduli dari implementasi materi Dasa Darma Pramuka yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia, tutur Pembina Pramuka SMP Negeri 3 Rogojampi.

Dari Kepala Sekolah Ibu Yuli Eka Ismayanti, S.Pd memberikan pernyataan kepada media menaramadinah.com ” rasa syukur bahwas anak didiknya dapat mengimplentasikan kegiatan berbagi dan bersosial kemanusiaan, sebagaimana tujuan pembelajaran merdeka belajar.
Harapannya kegiatan peserta didik tetap berlanjut setiap tahun, dan mudah-mudahan kegiatan ini merupakan bagian dari amal ibadah di bulan Ramadhan, Aamiin, harapnya. (Rishje)