Memasuki 10 Hari Kedua Ramadan Allah Memberi Ampunan Kepada Kita

Catatan Drs. Husnu Mufid,M.PdI Ketua Takmir Mushollah Sl Ikhlas Jemurwonosari Wonocolo Surabaya.

Kita umat ISLAM  saat ini dalam menjalankan ibadah puasa  telah memasuki  10 hari kedua bulan Ramadan. Allah memberikan  magfirah atau ampunan bagi yang menjalankan ibadah puasa dan beramal sholeh.

Ampunan tersebut diberikan Allah SWT kepada orang yang berpuasa atas dosa-dosa di masa lalu. Sungguh merugilah lah, mereka yang tidak berkeinginan kuat atas magfirah Allah SWT.

Magfirah itu diberikan khusus di waktu tersebut demi keselamatan orang yang berpuasa dari dosa-dosa yang telah dilakukannya sebagai bentuk kasih sayang Allah.

Ada beberapa kasih sayang Allah di bulan Ramadan yaitu :

1. Memberi  Keberkahan Di Bulan Ramadan.

Di bulan Ramadan akan dipenuhi dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang,” (HR. An-Nasai).

2. Memberi Ampunan  Dosa Besar dan Kecil

Dosa-dosa yang telah lalu juga akan diampuni sebagai mana yang disebutkan dalam hadits ini. “Siapa yang puasa Ramadan dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu. Dan siapa yang bangun malam Qadar dengan iman dan ihtisab, telah diampuni dosanya yang telah lalu,” (HR. Bukhari Muslim).

3. Pahala Dilipatgandakan

Ibadah yang dilakukan oleh setiap muslim yang berpuasa akan dilipatgandakan. “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku,” (HR. Muslim).

4. Diberi Dua Kebahagiaan

Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya,” (HR. Muslim).

5. Dibukanya Pintu Surga

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika telah datang bulan Ramadan maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan setan-setan akan dibelenggu dengan rantai,” (HR. Bukhari dan Muslim).