Malam Nuzulul Qur’an

 

Nanti malam adalah  malam Nuzulul Qur’an. Dimana malam ini turunnya Al-Qur’an yang begitu mulia. Karena Al-Qur’an merupakan kitab suci umat muslim yang menjadi pegangan atau pedoman hidup.

Banyak ayat-ayat indah yang turun secara berangsur-angsur dalam kurun waktu selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Turunnya Al-Qur’an ke bumi terbagi menjadi dua periode yaitu Makkiyah dan kedua periode Madaniyah.

Nuzulul Qur’an merupakan peristiwa turunnya kitab suci Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW. Selain itu, Nuzulul Qur’an juga bisa dimaknai sebagai malam turunnya kitab suci Al-Qur’an dari tempat yang tinggi ke muka bumi.

Menjelang berlangsungnya malam peringatan Nuzulul Qur’an, ada begitu banyak umat muslim yang berlomba-lomba menuai pahala. Mereka mengerjakan begitu banyak amalan sehingga bisa mendapatkan banyak pahala kebaikan.

Berikut merupakan beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala kebaikan dalam Nuzulul Qur’an.

1.   Membaca Kitab Suci Al-Qur’an

Salah satu amalan yang bisa dilakukan untuk memperingati malam turunnya kitab suci Al-Qur’an adalah dengan membaca kitab suci tersebut.

Ada begitu banyak macam manfaat dari membaca kitab suci Al-Qur’an. Beberapa diantaranya ialah mampu menjadikan seseorang berperilaku semakin mulia, mampu membuat hati semakin tentram hingga bisa selamat di dunia serta di akhirat.

2.   Melaksanakan Shalat Malam

Kemudian melaksanakan shalat malam. Amalan shalat malam apakah yang dimaksud tersebut? Shalah malam yang bisa dikerjakan dalam peringatan Nuzulul Qur’an ialah shalat tahajud.

Sebelum melakukan shalat tahajud, seseorang harus mengerjakan shalat tarawih terlebih dahulu dan pergi tidur. Barulah setelah bangun tidur, seseorang bisa mengerjakan shalat tahajud.

Lakukan shalat tahajud ketika sebelum sahur. Jangan lupa untuk menutup shalat malam tersebut dengan shalat witir yang memiliki jumlah rakaat ganjil.

3.   Iktikaf

Di malam Nuzulul Qur’an selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan iktikaf. Iktikaf sendiri merupakan sikap berdiam diri serta menjadi sarana untuk melakukan introspeksi di dalam masjid saja.

Iktikaf memiliki beberapa manfaat yang bagus bagi diri manusia. Beberapa manfaat iktikaf diantaranya ialah mampu mendatangkan ketenangan, ketentraman maupun cahaya dari dalam hati, mendatangkan banyak kebaikan dari Allah SWT, mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan sebagainya.

4.   Melafadzkan Doa Nuzulul Qur’an

Selain membaca kitab suci tersebut, tentu ada doa khusus yang bisa dilantukan ketika peringatan malam Nuzulul Qur’an penuh kebaikan tersebut.

Adapun doa khusus Nuzulul Qur’an, seperti:

“Allaahumma nawwir quluubanaa bi tilaawatil qur aan, wa zayyin akhlaa qonaa bijaahil qur’an, wa hassin a’maalanaa bi dzikril qur aan, wa najjinaa minan naari bi karoo matil qur aan, wa adkhilnal jannata bi syafaa’til quraan.”

Artinya: Ya Allah sinari hati kami sebab membaca Al-Quran, hiasi akhlak kami dengan kemuliaan Alquran, baguskanlah amalan kami karena berdzikir lewat Al-Quran, selamatkanlah kami dari api neraka karena kemuliaan Al-Quran, masukkanlah kami ke dalam surga dengan syafa’at.