Manfaat Umat Islam Jika Sholat Tarawih di Bulan Ramadan

Catatan Drs. Husnu Mufid, M.PdI Ketua Takmir Mushollah Al Ikhlas Jemurwonisari Wonocolo Surabaya.

 

Umai Islam sudah memasuki Bulan Ramadhan dan menjalankan ibadah puasa. Menahan lapar dan haus saja. Juga  menjadi bulan ibadah.

Ada banyak ibadah khusus dan pahala yang  Allah berikan pada bulan ramadhan ini. Salah satu ibadah khusus yang ada pada bulan Ramadhan adalah salat tarawih.

Pada umumnya, salat tarawih ini dilakukan setelah shalat isya’ dan dilakukan secara berjamaah. Yang aslinya adalah tengah malam saat sahabat sahabat Nabi Muhammad masih hidup.

Di Indonesia ada yang melaksanakannya sebanyak 8 rakaat, namun ada juga yang melaksanakan salat tarawih sebanyak 20 rakaat.

Hal itu dalam upaya   menghidupkan malam bulan ramadhan dan menyemarakkan bulan ranadan  dengan salat tarawih. Karena  orang yang melaksanakan tarawih dengan mengharap ridho Allah, maka dosa – dosanya yang telah lalu akan dihapuskan oleh Allah.

Sebagai sabda Rasulullah dalam hadits:
“Sungguh, Ramadhan adalah bulan yang diwajibkan Allah puasanya dan kusunnahkan shalat malamnya. Maka barang siapa menjalankan puasa dan shalat malam pada bulan itu karena iman dan mengharap pahala, niscaya bebas dari dosa-dosa seperti saat ketika dilahirkan ibunya.”

Kemudian dalam riwayat lain disebutkan:
“Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadhan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau.” (HR Bukhari Muslim)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”

Dalam hadits tersebut, An Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah sholat tarawih. Sedangkan yang dimaksudkan dengan diampuni dosanya adalah dosa yang kecil maupun dosa besar.

Sholat tarawih bisa dilakukan sendiri maupun berjamaah. Namun jika dilakukan berjamaah dan bersama imam, maka akan mendapatkan pahala sholat qiyamul lail satu malam penuh, sebagaimana dalam hadits:

Dari Abu Dzar, Nabi SAW pernah mengumpul kan keluarga dan para sahabatnya, lalu bersabda “Siapa yang sholat bersama imam sampai selesai, maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh” (HR. Ahmad)

Disebutkan pula dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi:
“Sesungguhnya siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk (semalam penuh).”  (HR.Tirmidzi).

Kemudian ketika melaksanakan sholat tarawih kita bisa meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah. Sebab kita akan bertemu dengan saudara sesama muslim lainnya.

Sholat tarawih juga bisa menyehatkan jasmani dan rohani. Kesehatan rohani adalah mempertebal keimanan. Mampu menghilangkan stres.

Sedangkan dari kesehatan jasmani, beberapa manfaatnya yaitu: menyehatkan tulang persendian. Jika kita rutin melaksanakan shalat tarawih maka niscaya gerakan-gerakan shalat tarawih mampu menyehatkan tulang dan persendian kita.

Juga shalat tarawih adalah salah satu aktivitas di mana gerakan-gerakannya bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus membakar kalori.

Dalam sholat tarawih juga terdapat gerakan sujud dipercaya mampu meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan sehingga otak bisa bekerja secara optimal.