Mengaplikasikan Kurikulum Ramadan

Surabaya, Menara Madinah Com-Marhaban ya Ramadhan 1444 H/23 Maret 2023 marhaban ya Syahrul Qur’an ya Syahrul Nur… Insha Allah nanti malam kita mulai shalat tarawih untuk menyambut besok Kamis 23 maret 2023 / 1 ramadhan 1444 H.

 

Ya, Ramadan tahun ini memang penuh prihatin. Banyak manusia tidak takut dosa, kasus jenderal FS yang membunuh ajudan nya. Kisah pegawai pajak yang pamer harta kekayaan nya, melukai hati seluruh rakyat Indonesia. Maka ummat muslim harus penuh introspeksi diri sebagaimana doa Nabi Adam yang diabadikan dalam Al-Qur’an :
ربناظلمنا أنفسنا وان لم تغفر لنا وترحمنا لنكونن من الخاسرين
“Ya Allah ya Tuhan kami, kami termasuk golongan orang yang dlolim, apabila tidak Kau ampuni dosa kami dan tidak kau kasih sayangi. Kami termasuk golongan orang orang yang merugi”

Ramadhan kalau kita teliti dari huruf-huruf nya ada 5 yaitu : ر م ض ا ن : رمضان
Inilah makna KURIKULUM dalam MADRASAH ROMADON, bulan untuk INTROSPEKSI DIRI.

1. Ro : رحمة ( kasih sayang )
Kurikulum ROHMAH /Kasih Sayang. Kurikulum inilah yang diajarkan untuk semua manusia agar mempunyai sifat kasih sayang terhadap istri,anak, keluarga dan sesama. Orang yang beragama jangan dilihat porsi ibadah HABLUM MINALLAH saja. Tapi lihat juga porsi ibadah HABLUM MINANNAAS juga. Suka membantu faqir miskin, anak yatim, Itulah kepedulian terhadap sosial dan itu termasuk ibadah.
2. Mim : مغفرة ( Ampunan )
Kurikulum MAGHFIRAH / ampunan. Inilah kurikulum spritual, bentuk pengakuan diri yang lemah dihadapan Allah SWT. Dengan ibadah shalat tarawih di rumah, qiyamullail malamnya adalah bentuk penghambaan diri hamba yang penuh lumuran noda dan dosa. Nabi Adam as dan Nabi Yunus as dijamin masuk surga, tapi masih mengaku hamba yang dosa dan dlolim serta memohon Rahmat Nya.

Sedangkan kita tidak ada jaminan masuk surga, mengapa enggan memohon Rahmat ampunan Nya. ?
لااله الاانت سبحانك انى كنت من الظالمين
“Tiada Tuhan selain Engkau ya Allah, Maha suci Kau, sesungguhnya kami termasuk golongan orang orang yang dlolim”
Jika Allah maha pengampun, mengapa kita enggan memaafkan kesalahan orang lain ?
Minta maaf itu mudah, tapi memaafkan kesalahan orang lain itu kadang yang sulit.
3. Dlo’ : ضمين ( Tanggung Jawab )

Kurikulum Dlominun / tanggung jawab ini menandakan bahwa puasa tidak sebatas menahan lapar dan haus. Seluruh organ tubuh manusia bertanggung jawab kepada Allah. Tangan, kaki, mulut kita harus berpuasa. Sudahkah mulut kita ikut berpuasa ?….Jika Anda masih suka mencaci, nyinyir, mencela sesama manusia, itu berarti mulut kita belum berpuasa. Hanya puasa lahiriah, belum berpuasa batiniah. Ramadhan, melatih organ tubuh kita untuk berpuasa lahir batin.
4. Alif : امن ( Aman / tenang )
Kurikulum Amnun /aman tenang. Diantara 12 bulan yang disebut : سيد الشهور ( raja segala bulan ) adalah bulan suci Ramadhan. Karena seluruh masyarakat dunia merasakan nikmat indah nya Romadon. Bukan hanya orang muslim saja yang merasakan indahnya ketenangan Romadon, non muslim pun merasakan nya. Para pengusaha travel, pakaian dll dari non muslim merasa senang karena usaha nya lancar di bulan Ramadhan. Ini menandakan bulan Ramadhan memberi rasa aman tenang bagi seluruh alam.
5. Nun : نور ( Cahaya )

Kurikulum Nur ( cahaya ), disebut bulan cahaya karena pada bulan ini, ada peristiwa NUZULUL QUR’AN.

Jangan sampai sehari dalam bulan suci romadon ini kita tidak membaca Alquran….Sungguh amat merugi sekali.
Sudahkan kita mengamalkan kurikulum ramadan dalam kehidupan sehari2, dan mampu mengaplikasikan nya setelah ramadan ?
Hati nurani Anda yang mampu menjawabnya…
Barakallah…..
Yahya Aziz, Dosen FTK Uinsa, Penulis Buku Buku Kehidupan & Kolumnis Media Online.