SMPN 3 Sindang lndramayu Field Trip dan Brendmarking ke Bandung untuk Cetak Siswa Berwawasan Global

Indramayu, 9/3/2023-Program Study Tour SMPN 3 Sindang lndramayu melaksanakan kegiatan dalam bentuk Field Trip dan Brendmarking ke sekitar wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung dan sekitarnya untuk para siswa kelas VIll.

 

Hal itu dilaksanakan dengan tujuan belajar di luar lingkungan sekolah sambil refreshing karena selama Covid 19 tidak dapat melaksanakan kegiatan ke luar kota.

Study tour berupa Field Trip dan Brendmarking dilaksanakan pada tanggal 8-9 Maret 2023 yang diikuti oleh 120 siswa saja yang berminat dan disetujui orang tua /wali. Sedangkan dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan EO Attaya Tour and Travel lndramayu.

Program ini merupakan program pembelajaran siswa dengan cara turun langsung ke lapangan, dengan tujuan melihat dan mengamati lingkup yang dikaji sehingga otomatis akan timbul perasaan ingin tahu siswa dan keinginan siswa untuk lebih banyak bertanya-tanya sebab suatu hal yang belum mampu mereka ketahui sebelumnya.

Di samping itu mengadakan studi banding ke lembaga sekolah yang sudah lain untuk melihat kelebihan, inovasi dan kreativitas serta kebijakan yang positif yang diterapkan untuk bisa dicontoh dan diadaptasi di sekolahnya. Juga melakukan pertukaran budaya berupa memperagakan Tari Topeng Kelana khas lndramayu dan tukar oleh-oleh industri UMKM lndramayu berupa kerupuk ikan khas lndramayu.

Demikian dikatakan Bambang Nursadikin, M.Pd. selaku ketua panitia pelaksana Study Tour dan Brendmarking.

Sedangkan Kepala SMPN 3 Sindang Tariwan, S.Pd.MM. mengatakan bahwa kegiatan seperti ini akan dilaksanakan di luar wilayah sekolah, yaitu field trip ke luar kota yaitu ke Bandung dengan tujuan memberikan pengalaman dan menstimulasikan siswa agar dapat berwawasan global.

” Banyak pelajaran atau manfaat yang diharapkan dari program ini. Seperti, peserta akan mengalami berbagai masalah baru yang belum ada dalam teori dan tentu peserta harus memikirkan solusi apa yang terbaik sehingga belajar, tidak selamanya di peroleh dari buku atau teori. Hal ini tentunya secara tidak langsung membangkitkan minat belajar siswa terhadap sesuatu. Mereka akan lebih antusias dalam mengeksplor hal-hal baru yang mereka temui.” lanjut Tariwan.

” Semoga perjalanan dan seluruh kegiatan berjalan dengan lancar dan selamat hingga kembali ke sekolah,” demikian pungkas Tariwan.
(jaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *