3 Tahun Tanpa Subsidi Pemda SulSel, Ormas LSM Tetap Aktif BerProgram Sosial

 

Makassar,MenaraMadinah.Com
Walau selama 3(tiga ) tahun sejak Corona hingga kini (2021-2023) tanpa mendapatkan kucuran Subsidi dari Pemerintah Daerah, sejumlah perkumpulan atau ormas termasuk LSM masih tetap eksis melakukan program sosial kemasyarakatannya.
Termasuk LSM BPPI ( Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Patriot Peduli Indonesia) DPW Provinsi Sulawesi Selatan, tak terpengaruh dengan kosongnya dana pembinaan atau subsudi dari Pemprov C/q Kesbangpol Sulawesi Selatan , lembaga ini tetap aktif menjalankan program sosial kontrol dan aktifitas amal kemanusiaan lainnya.( Rabu, 8/3/2023).

 

Ketua DPW LSM BPPI Provinsi Sulawesi Selatan menuturkan, sesuai keterangan ASN di Kesbangpol Propinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu, bahwa sejak adanya wabah virus Corona 2021 dan status Pandemi , maka tidak ada dana subsidi ( pembinaan) bagi ormas, perkumpulan atau LSM . Tahun 2021 kosong, tahu. 2022 kosong , tahun inipun 2923 kabarnya tidak ada dana subsidi ormas “, kata salah satu Staf Kesbangpol tersebut.

Namun demikian bagi LSM BPPI , walau tanpa mendapatkan kucuran Subsidi dana pembinaan program kegiatan dari Pemda Provinsi Sulawesi Selatan, lembaga swadaya masyarakat yang bersifat Nasionalis, Religius dan Spiritualis ini menjalankan programnya, bahkan telah mengembangkan sayapnya dengan membentuk kepengurusan DPD LSM BPPI dibeberapa Kota dan Kabupaten . Antara lain DPD LSM BPPI Kabupaten Soppeng, DPD LSM BPPI Kabupaten Pinrang, DPD LSM BPPI Kota Makassar, serta menyusul DPD LSM BPPI Kabupaten Toraja Raya dan Beberapa Kabupaten lainnya.

Beberapa program sosial kontrol yang berhasil dilakukan DPW LSM BPPI Provinsi Sulawesi Selatan antara lain, Pendampingan dan Advokasi hukum bagi masyarakat Makassar , Pendampingan Kelompok Petani Hutan Produksi di Kabupaten Soppeng, serta Upaya Sosialisasi Kesadaran Hukum melalui Diklat Paralegal .

Beberapa Aktifitas amal kemanusiaan diantaranya menginisiasi Gerakan Anti Lapar ( GAL) yakni kepedulian sosial dengan memyediakan makan siap saji bagi kelompok dhuafa, fakir miskin maupun pekerja jalanan atau musyafir. Kegiatan ini telah berjalan sejak tahun 2021 hingga saat ini, setiap hari Jumat menyeduakan hampir 400 doz nasi lauk lengkap , bekerjasama dengan Ibu ibu majelis taklim dikoordinir BPK Drs H Burhanuddin,B MA selaku pembina DPW LSM BPPI Sulsel.

Dalam program Sosial Keagamaan, mendukung dan menginisiasi terselenggaranya sistem pendidikan pondok Tahfidz Qur’an .Puluhan santri yang dibina sejak 2022 kini telah berafiliasi dengan PPTQ Fitrah Madani, salah satu pondok pesantren Tahfidzul Qur’an yang dikelola oleh Ustadz Subhan Syukur, SAg Pejabat Kantor KUA Kemenag Kecamatan Biringkanaya Makassar.

Dalam sektor Perekonomian & UMKM , melalui program kemitraan telah terbangun sinergitas usaha mikro bagi warga masyarakat dengan menggandeng lembaga pembiayaan tanpa bunga alias KUR . Melalui badan usaha yang sesuai , Beberapa Ketua Bidang UMKM juga mempelopori bidang usaha produksi kuliner, maupun pengadaan barang dan jasa sarana pendidikan dan alat peraga pendidikan. Yang menggembirakan, melalui mekanisme yang prosedural, juga melakukan sinergitas menggarap kegiatan pembangunan sarana transformasi rehab jalan di beberapa lokasi di daerah Kabupaten di Sulawesi Selatan. Semuanya dilakukan dengan mengikuti prosedur dan tata aturan yang berlaku sesuai bidang kegiatan.

Sebagai lembaga Swadaya Masyarakat nirlaba, LSM BPPI Sulawesi Selatan lebih mendorong anggotanya untuk bisa berdikari mengembangkan potensi dirinya ditengah masyarakat agar lebih berdaya guna, menghidupi diri dan keluarganya serta diharapkan bisa membuka kesempatan kerja bagi masyarakat luas. Kesadaran kewirausahaan dan kemandirian tersebut, dengan tetap mengelola karakter partisipatif dan aktif melakukan kontrol sosial , sinergitas lintas stake holder , demi mendukung percepatan pembangunan daerah.

Dibidang kepedulian sosial politik, DPW LSM BPPI Provinsi Sulawesi Selatan mendorong kesadaran dan semangat anggota dan masyarakat untuk berperan aktif dalam proses demokrasi, mendukung dan menggunakan hak memilih dan dipilih dalam Pemilu, Pemilukada dan Pilpres serta tidak menjadi golput.

LSM BPPI dengan bersemboyankan mempertahankan kesatuan dan persatuan, mewujudkan keutuhan dalam kebhinekaan serta mempertahankan Pancasila dan NKRI harga mati.

eshadi/boer77