Siswi SMPN 3 Sindang lndramayu Mendapatkan Layanan Pemeriksaan Anemia dan Tablet Tambah Darah dari Puskesmas Babadan

Indramayu. 8/3/2023-Anemia pada Remaja Putri (Rematri) di sekolah merupakan masalah yang masih sering terjadi di kalangan remaja putri yang masih duduk di bangku sekolah, khususnya di SMPN 3 Sindang lndramayu.

 

Remaja putri memilki resiko sepuluh kali lipat menderita anemia daripada remaja putra. Hal ini diakibatkan karena remaja putri mengalami menstruasi setiap bulannya dan sedang dalam masa pertumbuhan sehingga membutuhkan asupan zat besi yang lebih banyak. Di samping itu gangguan ketidakseimbangan asupan gizi menjadi penyebab anemia di kalangan remaja.

” Kegiatan ini diawali dengan pemberian informasi dan edukasi mengenai anemia, pentingnya Tablet Tambah Darah (TTD) dan pemberian TTD serta dampak anemia bagi Rematri yang dapat menyebabkan menurunnnya imunitas tubuh, menurunnya prestasi sekolah, risiko tinggi penyebab stunting dan resiko tinggi pada saat kehamilan dan persalinan “, demikian disampaikan lbu Wasturih dari petugas Puskesmas Babadan Sindang Kabupaten indramayu.

Selanjutnya petugas lain mengatakan bahwa hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menurunkan prevalensi anemia pada Rematri, mencegah dan menurunkan angka stunting dan juga diharapkan dapat meningkatkan imunitas remaja putri dan kekebalan terhadap penyakit.
Kami juga berpesan kepada semua Rematri agar konsumsi gizi seimbang, konsumsi buah dan sayur, konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) minimal satu tablet setiap Minggu, melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur dan minum air putih yang cukup.

Hj. Dini Sucita Asih, S.Pd. selalu pembina OSlS yang banyak terlibat dengan pembinaan Rematri, dalam komentarnya sangat menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar kegiatan ini terus berlanjut dan terjalin dengan baik bersama Puskesmas Babadan Sindang Kabupaten lndramayu.

Sedangkan Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu Tariwan, S.Pd.MM. mengatakan kegiatan berupa kerja sama dan kemitraan dengan Puskemas Babadan Sindang Kabupaten lndramayu sudah terjalin secara baik dan berkesinambungan mulai dari penjaringan kesehatan untuk siswa baru, vaksinasi covid 19 dan pemberian Tablet Tambah Darah. Dirinya berharap agar kegiatan ini terus berlanjut. Dirinya juga mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya.
(jaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *