Keluarga SMPN 3 Sindang lndramayu Khawatirkan Bahaya Tiga Pohon Besar Taman Cimanuk Depan Sekolah

Indramayu. 8/3/2023-Keluarga Besar SMPN 3 Sindang lndramayu sangat merasa khawatir dengan keberadaan tiga pohon besar jenis angsana yang ditanam dan tumbuh subur puluhan tahun yang lalu.

 

Pohon angsana atau sonokeling dengan nama ilmiah pterocarpus macrocarous indicus merupakan sejenis pohon penghasil kayu dari suku fabaceae atau sering dalam dunia perdagangan disebut rosewood. Walaupun kayunya keras dan cukup berat tetapi pohon ini relatif ranting-rantingnya sangat rapuh dan rentan tumbang.

Ketiga pohon tersebut ditanam dan tumbuh persis di depan gerbang sekolah SMPN 3 Sindang lndramayu. Sudah tumbuh setinggi sekitar sepuluh meter dengan diameter 3 meter yang bila tumbang sangat membahayakan siswa dan pengguna jalan di Jalan Murah Nara Sindang lndramayu.

Anehnya beberapa tahun yang lalu di depan sekolah lain seperti yang berada di seberang SMP Negeri sebelahnya sudah dipotong.

” Dulu saat akan dibangun Taman Cimanuk Barat, beberapa pohon yang tumbuh di pinggir Sungai Cimanuk Barat di depan sekolah diadakan penebangan oleh Dinas terkait, namun anehnya saat itu yang berada di depan gerbang SMPN 3 tidak ditebang,” demikian kata Hendro Sujono,M.Si. salah seorang Wakasek SMPN 3 Sindang.

H. Sujaya, S.Pd. Wakasek Humas SMPN 3 Sindang lndramayu mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu saat hujan dan angin kencang beberapa ranting berjatuhan. Untungnya saat itu tertahan tenda pedagang kaki lima yang berjejer liar di pinggir jalan.

Adapun Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu Tariwan, S.Pd. MM. saat dikonfirmasi dan sempat meninjau kondisi di lapangan mengatakan bahwa dirinya akan segera mengajukan peninjauan kepada pihak terkait baik Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan dan Pertamanan Kab. indramayu maupun BBWS Sungai Cimanuk yang berwenang untuk melakukan pemangkasan ataupun pemotongan dan penggantian rehabilitasi pohon yang sudah tua.
(jaya)