HUT Dekranas, Sambut Ramadhan 1444-H dan Launching Pujasera, Habib Hadi Gelar Festival Pendalungan

Probolinggo-menaramadinah.com-Dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan 1444-H, HUT Dekranas dan launching pujasera, Pemkot Probolinggo menggelae “Pasar Rakyat & Festival Pendalungan 2023” di Alun-alun Probolinggo tanggal 8-18 Maret 2023.

Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dijadwalkan membuka secara resmi Pasar Rakyat & Festival Pendalungan, dilanjutkan launching Pujasera, yg lokasinya persis di sisi Timur Alun-alun Rabu (8/3) siang besok.

Pujasera dua tingkat di seberang penjara itu, merelokasi pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini berada di seputaran Alun-alun.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUPP) Kota Probolinggo, Fitriawati, pembukaan festival Pendalungan dan launching pujasera dilakukan Rabu (8/3) siang hari pukul 13.30-15.00 WIB.

“Saat launching Pujasera, akan dihibur angklung dari Kedung Galeng, dibuka Pak Wali dengan pemotongan bunga, Pak Wali dan rombongan akan mengunjungi area Pujasera dan makan bersama dengan menukarkan kupon,” ujarnya.

Selain itu, saat pembukaan Pasar Rakyat Pandalungan, akan dihadirkan gunungan kue kucur setinggi dua meter, yang akan dipajang di atas panggung utama.

Mengapa kue kucur? “Kue kucur adalah jajanan khas warga Pendalungan, yang biasa dibikin warga campuran keturunan Madura dan Jawa, nah kota Probolinggo dikenal punya kue kucur yang enak, khas, karena itu kita hadirkan,” imbuhnya.

Sedangkan Rabu (8/3) besok malam, ba’da Isyak, giliran hadir Cak Sodiq dan Cak Juri New Monata, yang akan tampil dengan lagu-lagu religi maupun campursari Pendalungan, yakni lagu-lagu “Jawa Etanan”, lagu-lagu Osing Banyuwangian maupun lagu-lagu Maduraan.

Sedikitnya 120-an stand UMKM mengikuti “Pasar Rakyat & Festival Pendalungan 2023” yang akan berlangsung hingga Sabtu tanggal 18 April 2023

Kegiatan Festival Pendalungan dari Pemkot Probolinggo yang sebagian besar Non APBD ini didukung Alras, Sirup Kurnia, Deprim, DMR Production, TIMEIndonesia, Posmonews, Jatimkini, Menaramadinah.

Selain launching Pujasera, HUT Dekranas, pasar rakyat juga diniatkan tasyakuran menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan 1444-H.(*)Damar