LDKS OSIS SMPN 3 Sindang lndramayu Mengusung Tema Pengurus yang SMART ( Santun, Mandiri, Aktif, Religius dan Tangguh)

 

Indramayu, 2/3/2023-OSIS SMPN 3 Sindang Indramayu melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) pada hari Kamis, 1 Maret 2023 di ruang multimedia sekolah dengan tema ” Menjadikan OSIS SMPN 3 Sindang lndramayu yang SMART”. Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) merupakan bentuk kegiatan yang bertolak ukur kepada peningkatan sumber daya siswa peserta didik untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar-dasar tentang organisasi,” demikian pengantar dari Bapak Teguh lndra Permana, S.Pd. selaku MC.

” Tujuan dilaksanakan kegiatan LDKS ini adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik yang matang dalam memahami kepemimpinan, organisasi, membentuk personal kepemimpinan pribadi siswa yang hebat yaitu siswa yang kreatif, inovatif dan bertanggung jawab.
Kegiatan ini di hadiri oleh Kepala Sekolah , para Wakasek, Pembina OSIS, para guru, panitia pelaksana LDKS serta peserta LDKS yang akan menjadi pengurus OSIS dan MPK masa bakti 2023-2024″, Kata Nur Hasanah Ketua OSIS yang baru dilantik.

Hj. Dini Sucita Asih, S.Pd. selaku pembina OSIS mengatakan dalam laporannya bahwa LDKS ini terdiri dari 55 siswa yang telah terseleksi untuk menjadi pengurus OSlS, mudahan-mudahan banyak kreasi dan inovasi . Tema LDKS ini menjadikan OSIS SMPN 3 Sindang yang SMART ( Santun, Mandiri, Aktif, Religius dan Tangguh). Para siswa harus bisa memimpin dirinya terlebih dahulu sebelum ia memimpin orang lain, di mana nantinya ia dapat menjadi contoh teladan bagi siswa yang lain agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab. Semua siswa memiliki potensi dan bakatnya masing-masing. Kami mengaharapkan pengurus OSIS dapat menaikan citra sekolah dan memajukan sekolah.
Selama menjadi pengurus OSIS setahun ke depan, para siswa akan membawahi organisasi siswa dan harus bisa menjadi teladan bagi teman-temannya. ”

Sementara Kepala SMPN 3 Sindang, Tariwan S.Pd. MM. dalam sambutannya mengatakan bahwa di sekolah itu ada Pimpinan sekolah yaitu Kepala Sekolah, para Wakasek yaitu Kurikulum, Kesiswaan, Sarana dan prasarana serta Hubungan Masyarakat, juga ada pembina OSIS yang bertanggung jawab membina OSIS. LDKS ini dilaksanakan untuk membekali siswa tentang manajemen OSIS dalam melaksanakan tugas dalam masa bhaktinya. Kami berharap dengan LDKS ini mampu menghasilkan calon pemimpin yang SMART, kreatif, inovatif dan bertanggung jawab. ”

Adapun Ketua Pelaksana LDKS, Ketua OSIS demisioner Zaskia Novianti Az Zahro mengatakan, ”
Dalam kegiatan LDKS ini tidak hanya dibekali tentang manajemen dan program kerja OSIS, tetapi peserta dibekali dengan materi- materi yang menunjang dalam berorganisasi diantaranya kewirausahaan, public speaking dan keprotokoleran, membuat proposal dan materi tersebut selain diberikan oleh para guru, tetapi juga diberikan oleh pemateri dari luar diantaranya menghadirkan alumni ketua OSlS berprestasi Jawa Barat.’
” Semoga OSIS baru lebih baik, lebih semangat dan kinerjanya semakin SMART ( Santun, Mandiri, Aktif, Religius dan Tangguh),” demikian pesan Zaskia.
(jaya)