Penutupan KKN UIN SATU Tulungagung Berbasis Komunitas Nganjuk di Ngliman-Sawahan

Penutupan KKN UIN SATU Tulungagung Berbasis Komunitas Nganjuk Di Ds. Ngliman, Kec. Sawahan,Kab.Nganjuk

Nganjuk Menara Madinah.com- Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Sayyid Ali Rahmatullah telah selesai. Beragam momen selama KKN menjadi kenangan tersendiri bagi mahasiswa. Salah satunya adalah acara perpisahan 30 mahasiswa KKN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berbasis Komunitas Organisasi Mahasiswa Daerah (ORMADA) Ikatan Mahasiswa Kota Angin (IMAKA) kepada warga dilingkungan Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan tersebut digelar pada selasa 21 Februari 2023 pukul 09.00-12.00 di balai desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Kegiatan ini dihadiri oleh Forum Pimpinan Kecamatan, perangkat desa salah satunya kepala desa Ngliman, bapak Imam Widodo sekaligus pengembalian mahasiswa KKN Komunitas. Para tamu undangan lainya diantaranya para Ulama, Kiai, dan beberapa perwakilan dari lembaga sekolah serta masyarakat setempat ikut hadir dalam acara penutupan tersebut. Tujuan hadirnya perangkat desa dan masyarakat dalam acara penutupan ini guna memberikan kesan dan pesan kepada mahasiswa setelah selesai menjalankan program kerja kepada masyarakat desa.

Kegiatan KKN yang mengambil tema “Pemberdayaan Masyarakat Multisektoral Berbasis Potensi Lokal” telah banyak mendapatkan dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, baik pemerintah desa, tokoh masyarakat maupun tokoh agama secara keseluruhan. Selama 30 hari para mahasiswa yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan ikut serta dalam program-program yang dilaksanakan di desa. Bahkan seluruh peserta KKN diminta pihak desa untuk terlibat dalam kegiatan mulai dari bidang pendidikan, keagamaan, kesehatan, ekonomi dan sosial budaya.

“Mudah-mudahan segala hal yang telah diberikan oleh para mahasiswa KKN kepada masyarakat Desa Ngliman dapat memberikan banyak manfaat positif” tutur bapak Imam Widodo selaku Kepala Desa Ngliman.

Para Mahasiswa dan Dosen Pembimbing memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada perangkat desa dan masyarakat setempat yang telah membantu dan memberikan arahan kepada peserta KKN mulai dari awal sampai penutupan hari ini.

Dr.Budi Harianto, M.Fil.I. selaku Dosen Pembimbing Lapangan menekankan kembali pada saat sambutan bahwa KKN UIN SATU Tulungagung berbasis riset dan pemberdayaan. Kepada Mahasiswa ia berpesan bahwa penutupan bukan berati perpisahan namun langkah awal dalam merajut persaudaraan dan persahabatan yang kekal sampai akhir hayat nanti, sehinggal silaturrahim tetap harus dijalankan meskipun secara virtual.

Kegiatan ditutup dengan Do’a oleh Kiai dan Tokoh NU setempat. Bro j