KERIS 3, Lailatus Sholawat dan Lailatul Qiro’ah Pon. Pes Bahrul Ulum, Klampisan Kandangan

Kediri-Menaramadinah.com Senin, 20 Februari 2023 Dismaulidiyah SMP Plus Al-Hikam dan Lounching MAK Plus Al-Hikam dengan acara besar ‘Lailatus Sholawat dan Lailatul Qiro’ah’ juga kegiatan rutin tahunan KERIS 3. Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Dsn. Gedangan Ds. Klampisan, Kec. Kandangan, Kab. Kediri.

Kegiatan malam ini adalah dalam rangka rutin setiap tahun yaitu:

Kegiatan ROJABIYAH Di Pondok Bahrul Ulum, kali Ini Dikonsep Dalam Rangkaian KERIS, Keris merupakan kepanjangan dari Kegiatan Rojabiyah dan Isro’ Mi’roj, tahun ini cukup istimewa karena ada beberapa lembaga dan instansi pemerintah yang turut mendukung penuh antara lain pertama: Pemerintah Desa Klampisan hadir langsung Kades dan perangkatnya, Babinsa dan Babin kamtipmas dan unsur dari Kemenag Kabupaten Kediri. Kedua dari lembaga atau ormas, yaitu: JQH (Jamiyyatul Qurro Wal Khuffad) Dari Kandangan dan Kecamatan Ngoro Kab. Jombang.

Kemeriahan Acara Tersebut Sangat Terasa Sekali, melihat antusias para santri dalam menampilkan penampilan yang sangat spektakuler dibalut dalam lailatussholawat dan lailatul qiroah. Dalam acara ini akan dihadiri Mega Bintang Jawa Timur Muhasabatul Qolbi dari Jombang.

Lailatul Quro’ menampilkan dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum yaitu: 1). Habiburrohman, Juara 3 Menyanyi Solo Kab. Kediri, 2). M. Ayyub Laili, Juara 3 MTQ Kab. Kediri dan 3). Siva Rosta *Alan Nawa, Juara 1 Tahfidhz Nasional, katagori SMP* DAN SMA.

Penampilan Qori’-qori’ah mendapat sambutan meriah dari para murid dan santri Pon.Pes Bahrul Ulum. Ust. Khoirul Faizin, sebagai MC Lilatul Qiro’ah dari. PAC JQH Kecamatan Ngoro dengan semangat mempersilahkan Grup MQ untuk tampil, dan mendapatkan sambutan dan tepuk meriah dari pecinta sholawat yang memadati halaman pondok.

Pada saat MC Khoirul Faizin( dari Ngoro ) mempersilahkan grup Muhasabatul Qolbi(MQ) untuk tampil, maka para pecinta dan penikmatnya menyambut dengan tepuk tangan dan surak-sorai yang menggemuruk.
Benar saja perform MQ, memang luar biasa nada-nada tinggi dan mengalun manja nya membuat decak kagum.
Beberapa lagu sudah di dendangkan dengan apik dan mempesona. “Beri tepuk tangan yang meriah untuk MQ'” ajak Khoirul Faizin, MC Lailatus Sholawat dan Lailatul Qiro’ah kawakan dari JQH Ngoro.
Berikut nya acara sambutan Kepala Desa Klampisan, atas nama Pemerintah dan masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian yang besar kepada Keluarga Besar Pondok Pesantren Bahrul Ulum, untuk memajukan pendidikan baik agama maupun umum, serta doa untuk Nyai Hj. Umi Bariroh dan Gus Auwibi, agar selalu mendapat perlindungan dan kekuatan dari Allah SWT. Selain itu turut bangga atas kemajuan pendidikan umum di pondok ini, apalagi tahun ini membuka MAK. “Semoga banyak masyarakat Ds. Klampisan yang belajar dan modok di Bahrul Ulum” doa dan harapan Kades Klampisan.

Selesai sambutan Kades dilanjutkan lagi dengan penampilan MQ, lagi, dan semakin malam tambah memukau saja.
Beberapa lagu tak terasa menghibur sekali. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Gus Auwibi mewakili keluarga besar Ponpes Bahrul Ulum. Dalam pidatonya dia menjelaskan tentang perkembangan pondok, antara lain bahwa saat ini ulang tahun ke 3, SMPI Plus Al-Hikam, dan Lounching MAK Plus Al-Hikam.
Disela-sela sambutan nya yang santai, halus namun ‘nges’ itu ada arakan para guru dan tenaga pendidik beserta Nyai Hj. Umi Bariroh sebagai Pengasuh Pondok, membawa kuwe Ulah ke atas panggung dengan menyanyikan lagu ‘al maberur’ sebagai ungkapan suka cita dismaulidiyah SMPI Plus Al-Hikam yang disambut meriah oleh para murid.
Ada keunikan tersendiri yaitu saat di panggung Hj. Umi Bariroh, menyuapi roti kepada Gus Auwib, Istri nya dan seluruh dewan guru yang berada di atas pentas.
Dalam sambutan singkat yang dan ‘teterikal’ sekali, dia menjelas perjalanan pondok hingga malam ini dibuka secara resmi MAK, serta, ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama masyarakat Ds. Klampisan, serta harapan-harapan ke depan agar pondok maun sekolahan semakin berkembang dan maju.

Sesi berikut, adalah pembacaan Al-Qur’an oleh M. Fakri dari JQH Ancab Ngoro, juara 2 Kabupaten Jombang tingkat SD dan SMP.
Acara dilanjutkan lagi dengan penampilan MQ yang terakhir, wah seru dan mengesankan.

“Sekarang mari kita dengarkan kesan dan pesan dari Ketua JQH Ancab Kandangan Bapak Jauharudin Fauzi Wahid” kata MC dengan suara yang menggelegar.

Jauharudin Fauzi Wahid, menjelaskan perjalanan JQH di Kecamatan Kandangan di tahun 90-an akhir, dimana Kegiatan Lailaus Sholawat dan Lailatul Qiro’ah, begitu semarak, namun pada awal dekade 2000-an mulai meredup, bahkan saat 2019-an persis nya saat wabah corona 19, praktis lumpuh. “Baru malam ini, di Pon. Pes Bahrul Ulum, mengadakan kegiatan lailatus sholawat dan lailatul qiro’ah, semoga dari sini akan bangkit lagi” cetus nya dengan penuh semangat. Sambutan singkat itu diwarnai dengan pantun-pantun yang menggelitik dan penuh humor segar. “Glepung diorat-arit, sampun rampung nyuwun pamit” pungkasnya.

Diakhir acara masih ada dua grup yaitu dari Kec. Ngoro, Grup Banjari Sayyidul Kaunain, sedangkan dari Kec. Kandangan Grup Banjari Habibul Musthofa, dan Qori’ nasional Umu Khoiroh.

Acara berakhir dengan mahalul kiyam oleh grup banjari tuan rumah dan doa, tepat jam 00.30.

Nur Habib, mengabarkan