Hasil.Musrs XVII Jawa Tengah Ganjar Unggul

 

Semarang-menaramadinah.com-Gelaran Musyawarah Rakyat (Musra) Indonesia relawan Joko Widodo (Jokowi) terus bergulir. Teranyar, Musra XVII Jawa Tengah sukses digelar di Hotel UTC, Semarang, Jateng, Minggu (4/2).

 

Ribuan masyarakat Jateng hadir menentukan capres-cawapres 2024. Hasilnya, untuk capres, nama Ganjar Pranowo di posisi puncak, selisih tipis dengan Prabowo Subianto.

Sementara Mahfud MD kembali masuk tiga besar radar cawapres favorit pilihan gabungan relawan Jokowi.

“Jawa Tengah luar biasa. Selain ramai, juga banyak kejutan. Prabowo melonjak di kandang Ganjar. Meski Ganjar teratas, tapi bedanya tipis sekali dengan Prabowo,” kata Ketua Dewan Pengarah Musra Indonesia Andi Gani Nena Wea saat konferensi pers pengumuman hasil Musra XVII Jawa Tengah di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (8/2).

Untuk capres, Ganjar Pranowo di posisi pertama dengan raihan 32,13 persen. Disusul Prabowo Subianto 31,06 persen, Moeldoko 13,86 persen, Airlangga Hartanto 11,99 persen, Mahfud MD 3,97 persen, Ridwan Kamil 2,09 persen, Anies Baswedan 1,52 persen, Yusril Ihza Mahendra 0,86 persen, Erick Thohir 0,77 persen, Muhaimin Iskandar 0,64 persen, dan nama lainnya 1,11 persen

Sedangkan cawapres, Ganjar duduk di posisi atas dengan angka 33,52 persen. Disusul Moeldoko 21,18 persen, Mahfud MD 16,11 persen, Arsjad Rasjid 9,94 persen, Sandiaga Uno 9,48 persen, Erick Thohir 2,65 persen, Ridwan Kamil 2,40 persen, Puan Maharani 1,85 persen, Muhaimin Iskandar 1,16 persen, Gibran Rakabuming Raka 0,66 persen, dan nama lainnya 1,05 persen

“Tiga besar capres sejauh ini, Ganjar dan Prabowo saling salip. Ada juga nama Airlangga. Sementara cawapres, Mahfud MD, Sandiaga, Arsjad paling konsisten. Ada juga nama Moeldoko,” ungkapnya.

Dikatakan Andi Gani, seluruh hasil Musra sejauh ini sudah dilaporkan ke Jokowi. Andi Gani menjelaskan, puncak Musra diperkirakan akan berlangsung di pertengahan Maret di Jakarta.

Di puncak Musra akan diumumkan 3 nama capres dan 5 nama cawapres yang menduduki posisi tertinggi selama berlangsungnya Musra.

Andi Gani menambahkan, sepengetahuannya sebagai relawan Jokowi sejak dulu, presiden masih membuka dukungannya ke semua pihak. Belum memastikan dukungan ke salah satu calon.

“Presiden belum menentukan dukungan. Masih terbuka ke banyak sosok. Beliau mendukung semua sosok untuk berkompetisi, seperti Pak Ganjar, Pak Prabowo, Pak Airlangga. Belum ada dukungan definitif,” tegasnya.

Penanggung Jawab Musra Budi Arie Setiadi mengungkapkan, Ganjar dan Prabowo amat ketat bersaing di Jateng.

“Antusiasme Jateng tinggi. Ganjar dan Prabowo sangat tipis. Beda 100 suara. Saya pikir akan telak memang Ganjar. Penjelasannya mungkin mesin relawan sudah bekerja. Artinya, ini miniatur pemilu. Semua sudah mengerahkan massa. Siapapun boleh mengerahkan massa dan amat terbuka di Musra,” tuturnya.

Meski persaingan ketat, seluruh pendukung tetep adem ayem. Bahkan, selesai Musra, semua pendukung dangdutan bersama.

Untuk agenda Musra berikutnya akan dilanjutkan di Medan, Sumatera Utara, 11 Februari, Sultra dan Kaltara 19 Februari. Setelah itu Papua dan Maluku Utara.

(MR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *