Campus Expo, Media Pengenalan Dunia Perkuliahan Siswa SMANKAR, Lamongan

Lamongan, Menaramadinah.com.- Campus Expo merupakan media pengenalan dunia perkuliahan bagi Siswa SMA Negeri 1 Karangbinangun. Untuk itulah lembaga ini mengadakan Campus Expo (Campex) di Auditirum dan Sport Center SMANKAR, Kamis (2/2/2023).

 

 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang digelar oleh para alumni Smankar yang kini berada di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta di seluruh Indonesia dalam rangka mengenalkan kehidupan perkuliahan kepada calon mahasiswa baru bersama dengan 34 universitas ternama.

BK Smankar, Muflik, S.Pd, M.Pd mengatakan kegiatan Campex Smankar 2023 dengan mengusung tema : Smankar Sharing and Socializing Expo ini juga dikemas sedemikian rupa untuk menarik perhatian siswa kelas XII seperti talksow dari alumni yang sukses.

Dilanjut sosialisasi dari setiap universitas selesai dilakukan, dibuka ruang breakout terpisah untuk diskusi sesuai bidang peminatan masing-masing untuk mendapatkan kesempatan untuk mengirim perwakilan di beberapa prodi.

“Tujuan adanya diskusi di dalam ruang breakout ini adalah untuk sharing secara mendetail tentang pengalamannya. Dan juga stand-stand di Sport Center itu, para siswa bisa memperoleh informasi dari seluruh kampus,” katanya.

Adapun, Rizky Ananda, selaku Ketua kegiatan ini menyampaikan tujuannya, bahwa kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada siswa kelas XII yang nantinya jika lulus dapat menentukan arah meraih kampus idaman dan masa depan. dengan melanjutkan jenjang pendidikannya.

“Disamping itu juga sebagai ajang untuk dapat mempererat tali silaturahmi antar alumni yang dijadikan sebagai wadah dengan nama ikatan alumni SMA N 1 Karangbinangun ( IKASMANKAR),” tuturnya.

Sedangkan Kepala SMA N 1 Karangbinangun, Drs H. Ali Nurdin, M.Pd., dalam sambutan pembukaannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia dan para alumni yang sudah membantu terselenggaranya kegiatan ini. Beliau berharap dengan kegiatan ini dapat menjalin silaturahmi lebih baik lagi antaralumni dan juga guru- guru.

Untuk siswa kelas XII dapat meniru alumni yang sudah sukses dan dapat menentukan jenjang pendidikannya setelah lulus nantinya.

Lewat Campex ini beliau juga memberi wawasan religi sebagai guiden siswa dalam mencapai cita-cita ke depan.

”Anak-anakku semua, semoga selepas dari adanya acara ini, kalian bisa mementukan langkah apa yang akan kalian ambil untuk meneruskan jenjang pendidikan kalian nantinya. Yang masih ragu dan bimbang, semoga mendapatkan jawaban yang tepat. Ini adalah kesempatan emas bagi kalian para siswa dan siswi SMAN 1 Karanginangin untuk bertanya kepada kakak-kakak kalian yang berasal dari perguruan tinggi hebat ini,” jelasnya.

H. Ali secara khusus dan serius memotivasi audien dengan menukil ayat Al Qur’an, Surat Al Mujadilah ayat 11, yang intinya, janji Allah SWT, akan mengangkat derajat orang beriman, berilmu (berilmu pengetahuan).

Dan disambung dengan Sabda Rasulullah, Barangsiapa yang menginginkan dunia, kuncinya adalah Ilmu. Dan siapa yang menginginkan kebahagiaan di Akhirat juga ilmu.

“Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Fokus penafsiran ayat di atas adalah tentang derajat orang yang beriman dan berilmu yang diangkat serta ditinggikan oleh Allah, “yarfaʼillahu alladzin amanū minkum walladzina ūtū al-ilma darajāt”.

“Barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) akhirat, maka hendaknya dengan ilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan (kebahagiaan) dunia akhirat, maka hendaknya dengan ilmu.”
*DANAR SP*