Satu Abad Nahdlatul Ulama

 

Catatan  Dr. Taufik Al Amin dosen IAIN Kediri.

 

 

Sebagai organisasi Islam yang menjaga tradisi sunnah Nabi Muhammad SAW dan para ulama, NU membangun konsep keberagamaan dengan berdasar pada tiga fondasi yaitu amaliyah, fikrah (ideologi), dan harakah (gerakan).
Bagi NU, agama dan Pancasila, keduanya dapat sejalan, saling menunjang dan saling mengokohkan. Keduanya tidak bertentangan dan tidak boleh dipertentangkan. Keduanya bersama-sama dilaksanakan dan diamalkan, tidak harus dipilih salah satu dengan sekaligus membuang dan menanggalkan yang lain.” (KH Ahmad Siddiq, Islam dan Pancasila: PBNU, 2017)
Puncak Resepsi 1 Abad NU, insya allah akan dilaksanakan di Stadion Delta Sidoarjo pada tanggal 7 Februari 2023. Panitia telah menyiapkan rangkaian acara Peringatan 1 Abad NU yang digelar 24 jam nonstop.
Beragam kegiatan sepanjang hari, mulai kegiatan yang bersifat ritual keagamaan, resepsi puncak harlah, karnaval Nusantara, panggung hiburan rakyat, bazaar UMKM hingga kuliner Nusantara.
Selamat Menyongsong abad kedua Harokahku. Semoga semakin jaya dan bermanfaat bagi ummat, bangsa dan negara dalam ridlo Alloh SWT.
“Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru.”
Tetap semangat !
Pancasila Jaya. !
NKRI Harga Mati !

Kediri, 6 Februari 2023.