SMPN 3 Sindang lndramayu Melaksanakan Pemilu OSlS untuk Meningkatkan Siswa yang PRIMA ( berPrestasi, Religius, lnovatitif, Mandiri dan Aktif)

Indramayu. 20/0l/2023-Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSlS) SMPN 3 Sindang lndramayu Melaksanakan Pemilu OSlS untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2023-2024

Rangkaian kegiatan Pemilu OSlS SMPN 3 Sindang dilaksanakan sejak hari Senin, l7 Januari 2023 melalui proses seperti halnya sistem pemilu pada umumnya, sebagai pembelajaran demokrasi di kalangan siswa.

Rangkaian proses dimulai dari pembentukan panitia pemilu OSIS, penjaringan calon kandidat ketua dan wakil ketua OSIS, verifikasi berkas administrasi, seleksi dan wawancara kandidat, kampanye pamflet, kampanye terbuka penyampaian visi dan misi kandidat, pemilihan langsung dan penetapan calon terpilih, pembentukan pengurus OSIS, pelantikan Ketua dan Wakil Ketua serta pengurus, selanjutnya diakhiri dengan pembekalan pengurus dalam bentuk LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa).

Kegiatan pemilihan umum ketua dan wakil ketua OSIS dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 20/0l/2023 yang dibuka oleh Pembina OSIS SMPN 3 Sindang, Hj. Dini Sucita Asih, S.Pd. Kim. didampingi oleh Ketua OSIS periode 2022/2023 Zaskia Novianti dan dilanjutkan dengan sambutan Wakasek Kesiswaan dan Kepala Sekolah.

Kandidat terdiri dari 2 pasangan yaitu pasangan Nurhasanah – Supriyadi dan Nurkaely Agustin – Fadli Julian Permana.

Visi pasangan pertama akan memajukan sekolah dan Meningkatkan prestasi sekolah sementara visi pasangan kedua akan membawa nama baik/prestise sekolah dan prestasi serta mensosialisasikannya lewat media sosial untuk mengangkat citra sekolah.

Salah seorang pemateri dalam LDKS, H. Sujaya, S.Pd. yang merupakan Guru Pembimbing Juara Tingkat Nasional OSIS SMP Berprestasi 20l7, menyampaikan materi perihal upaya peningkatan kinerja dan penguatan OSIS yaitu penguatan manajemen organisasi, penguatan ide-ide dan gagasan kreatif dan inovatif, membangun jejaring /network organisasi dan membangun kompetensi personal diri pengurus. Juga setiap pengurus OSIS untuk memberdayakan 4 B ( Believe, Behavior, Brain dan Beauty) dan trampil memanage 6 M ( Man, Material, Money, Market dan Method, Maintenance).

Hj. Dini Sucita Asih, S.Pd.Kim. selaku pembina OSIS mengatakan bahwa pemilu OSIS ini bisa membekali para siswa karakter dan kecakapan untuk menjadi warga yang baik. Siswa menjadi tahu prosedur pemilu yang baik dan benar. Siswa ditanamkan prilaku sportif, bertanggungjawab dan bagaimana menghadapi pilihan secara demokratis dan menghindari konflik.

Sementara itu Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu, Tariwan, S.Pd. MM. mengatakan bahwa OSIS merupakan organisasi yang sah dan tertinggi di sekolah. Para siswa diajarkan berorganisasi dan mengembangkan aktivitas lewat OSIS, sehingga terbentuk watak dan karakter bangsa yang positif dan memiliki daya kreativitas serta kemampuan untuk bersosialisasi serta kolaborasi dengan baik.
(jaya)