Masjid dan Sendang Syekh Maulana Malik Ibrahim

Gresik-menaramadinah.com-Salah satu kegiatan ziarah wali jama’ah Al mau’nah surabaya yaitu ziarah di makam murid maulana malik ibrahim yang ada di pesucinan leran, di sana terdapat beberapa peninggalan beliau, di antaranya adalah masjid maulana malik ibrahim, yang mana di dalam masjid terdapat sendang dan sumur karomah yang di percaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan penyakit terutama yang bersifat non medis.

Di belakang masjid juga terdapat beberapa makam dari murid maulana malik ibrahim di antaranya adalah Sayyid jakfar, Sayyid karim dan mujtahidin.

Konon sejarah dari maulana malik berawal dari pendaratan beliau bersama rombongan dengan menggunakan 3 perahu yang singgah di sembalo leran terlebih dahulu sebelum pada akhirnya beliau tinggal di jupuro kota gresik yaitu wilayah makam yang sekarang.

Di sembalo leran beliau membangun perkampungan muslim bersama sejumlah rombongan beliau,kemudian membangun padepokan dan masjid yang sekarang terbilang usianya cukup tua di Jawa Timur karena Mbah maulana malik adalah salah satu anggota wali Songo periode ke dua yang datang bersama rombongan yang pada sekitar tahun 1350 an Masehi sesudah rombongan syekh Jumadil kubro punjer walisongo.

Di area makam kami memperkirakan terdapat kurang lebih 30-40 dari jumlah 100 pengikut beliau, adapun rombongan yang lain tersebar di beberapa tempat seperti di area makam Fatimah binti maimun leran, manyar, jupuro makam malik sekarang,Balongpanggang, Driyorejo dan Bungah. Mustofa