Menguak Jejak Metamorfosis Program Berbasis SMPN 3 Sindang (Sebuah Refleksi, Evaluasi )

Oleh : Sujaya

Tahukah Anda apa itu program BERBASIS. Program Berbasis itu akronim dari Berbagi Bahagia bersama Siswa .

Program inovatif, kreatif, progresif dan care ini diinisiasi oleh para guru muda SMPN 3 Sindang lndramayu.

Mereka itu adalah Samud, Dini Firdianty Oktavia, lsnaeni Rahmawati, lsmail, Umi Dewi M. dan Abdul Azis.

Dasar pemikiran mereka bahwa untuk memberikan support, motivasi, inspirasi keteladanan, memacu dan memicu prestasi serta perilaku positif para siswa.
Sesuai dengan teori dan prinsip Pembelajaran Quantum yang menekankan bahwa sebuah sebuah keberhasilan haruslah diapresiasi, dirayakan dan layak mendapat penghargaan/reward, walaupun hanya sebuah aplaus tepukan tangan.

Bahwa dalam proses pendidikan perlu keseimbangan adanya sanksi atau hukuman ( punishment) bagi sebuah perilaku negatif tetapi sebaliknya diimbangi dengan penghargaan atau reward bagi sebuah perilaku positif dan prestatif.

Walaupun idenya sangat sederhana tapi kontribusinya sangat luar biasa. Program ini telah banyak mensupport prestasi siswa bidang ekstrakurikuler, inspirasi keteladanan bidang kerohanian, program GLS dan kesiswaan.

Sayangnya walaupun program ini sudah berjalan cukup lama tapi sepertinya masih kurang mendapat dukungan yang kontributif dari pihak sekolah dan warga sekolah pada umumnya.

Sumber utama pendanaannya masih banyak mengandalkan sumber dari pribadi yang peduli. Tercatat yang paling dominan adalah dari tiga orang donatur dengan initial N, E, dan D dan sedikit sumbangsih dari yang lainnya.

Wujud paket berbasisnya juga belum berkembang dari paket ala kadarnya yang nilainya hanya senilai tak lebih dari Rp 10k. Biasanya berisi paket bergizi, perlengkapan belajar dan kue kering.Perlukah Bermetamorfosis?

Sebuah program yang positif dan konstruktif semesntiya perlu berlanjut secara kontinyu dan berkesinambungan . Tapi tentu saja program ini sangat bergantung pada semangat para inisiator dalam membangun manajemen fund raishing lebih luas dengan mengetuk simpati dan empati pimpinan sekolah dan warga sekolah lainnya . Bisa komite, orang tua siswa, alumni dan sumber dana lainnya.
Juga bukan saja bentuk paketnya yang bisa bertambah dan berubah lebih bernilai .

Tetapi juga program-programnya apresiasinya bisa lebih menarik. Seperti hafalan ayat Al Qur’an , baca puisi, Review buku, stand up komedi, ceramah siswa dan lainnya .