Kemah PPBN SMPN 3 Sindang lndramayu ke Yonif 321 Raider Kostrad Galuh Taruna Majalengka Terlaksana Sukses dan Lancar

Indramayu. 17/11/2022-Program Kemah PPBN PRAMUKA Ranting SMPN 3 Sindang Indramayu Gugus Depan 03.057 – 03.058 yang dilaksanakan Senin s.d. Rabu 14-16/11/2022 dalam rangka merealisasikan program dengan mengadakan pelantikan dan pembekalan PPBN bagi anggotanya setelah satu semester berlatih di sekolah yang bekerjasama dengan Yonif Raider 321 Galuh Taruna Majalengka diikuti oleh 240 siswa dan dilaksanakan selama 3 hari itu terlaksana dengan sukses dan lancar sesuai harapan .

Ketua Pelaksana sekaligus pembina Pramuka SMPN 3 Sindang lndramayu, Ayu lndrawati, S.Pd. saat diwawancarai awak media mengatakan bahwa Pendidikan Pendahuluan Bela Negara disingkat PPBN adalah pendidikan dasar bela negara guna menumbuhkan kecintaan pada tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia, keyakinan akan kesaktian Pancasila, kerelaan berkorban bagi Negara serta memberikan kemampuan awal bela bela negara.

” Alhamdulillah dalam pelaksanaannya cuaca sangat kondusif dan mendukung, karena kami sangat khawatir bila cuaca hujan maka beberapa agenda utama dalam acara ini akan banyak terhambat.” Kata Ayu

Sementara itu Penanggung jawab lapangan sekaligus pembina Pramuka putra SMP Negeri 3 Sindang, Wahyu Afriansyah, S.Pd mengatakan bahwa dalam perkemahan itu peserta menginap di tenda-tenda yang sudah disiapkan oleh panitia dari Kostrad . Beberapa acara mulai dari pembagian regu, menempati tenda, pembinaan mental, kegiatan outbond dan Mountenering, yang ada di lingkungan Yonif 321 seperti flying fox, rappeling dan lain-lain.

“ Acara yang paling menarik bagi para siswa adalah jelajah Hiking yang memasuki hutan area Yonif, karena melewati sungai, naik turun bukit, sawah, kuburan umum rakyat, trek merayap dan terakhir berendam di “kolam kodok” .
Malamnya juga acara api unggun dan pesta kembang api yang meriah dan hiburan berupa tampilan kreasi seni masing-masing regu, dewan PRAMUKA, dan PMR. Diantara peserta menampilkan kreasi seninya seperti yel yel, menari dan menyanyi dengan riang gembira. Pada tengah malam dilaksanakan malam renungan yang sangat khidmat dan memberikan kesadaran tentang pentingnya Berbhakti kepada orang tua, kewajiban belajar dan prilaku disiplin. Selanjutnya di pagi hari peserta perkemahan diajak untuk melihat dan dijelaskan tentang persenjataan yang ada di Yonif 321. Kemudian foto bersama dengan anggota TNI yang menjelaskan tentang persenjataan tersebut. Itulah keseruan dan berkesannya perkemahan di Batalyon Infanteri 321 Majalengka” Kata Wahyu.

Seorang peserta terbaik putri PPBN, Andara kelas Vll A yang diwawancarai setelah selesai acara dan hendak pulang kembali mengatakan bahwa bahwa dirinya merasa sangat senang dan penuh semangat dalam mengikuti kegiatan ini, karena agendanya sangat seru habis, menempa mental disiplin, keberanian, kekompakan dan tanggung jawab. Acara yang paling heboh dan sangat menarik adalah hiking .

Sementara itu Kepala SMPN 3 Sindang Indramayu, Tariwan S.Pd., MM. saat memberi amanat pembekalan apel mengatakan bahwa program PPBN PRAMUKA ini, Alhamdulillah acara ini terlaksana dengan baik tanpa kendala dan cuaca kondusif. Tujuan program ini untuk revitalisasi dan implementasi program PRAMUKA yang tujuannya berfokus untuk meningkatkan Pendidikan Karakter Pelajar Pancasila.

Pendidikan karakter bukanlah kurikulum, tetapi merupakan hidden kurikulum yang masuk pada semua kegiatan sekolah. Kalau ini dilakukan, Insyaallah dengan PPBN para siswa akan memiliki bekal yang kuat, akademis bagus, dan karakter yang bagus, dan inilah anak-anak yang akan mampu bersaing di era millennium 4.0 ini.
(jaya)