SMPN 3 Sindang lndramayu Gandeng Duta Genre lndramayu Sosialisasikan Solusi Problem Remaja

 

Indramayu. 10/11/2022 menaramadinah.com Duta Genre (Generasi Berencana) merupakan program dari BKKBN untuk membantu program-program sosialisasi dan pendampingan berbagai permasalahan bagi para remaja.

Pada hari Kamis, 10 /11/2022 SMPN 3 Sindang lndramayu menggandeng Duta Genre Kabupaten lndramayu hasil seleksi tahun 2022, yaitu Muhamad Abdullah dan Muhammad Rizki. Kebetulan Duta Genre Muhammad Abdullah adalah seorang alumni SMPN 3 Sindang tahun 2016 yang juga pernah menjadi ketua OSIS di SMPN 3 Sindang. Keduanya didaulat untuk mensosialisasikan Program Duta Genre dan segala permasalahan yang terjadi pada para remaja di hadapan siswa sambil menunggu detik-detik menggentikan cipta tepat pada jam 08.15 dalam memperingati Hari Pahlawan.

Duta Genre Muhammad Abdullah dalam sosialisasinya di hadapan para siswa, menjelaskan bahwa program Genre merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa agar menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan menjauhi NAPZA (narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan dan berguna bagi nusa dan bangsa.

” Genre adalah Generasi yang punya rencana yang merupakan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi yang sehat.”

Sementara itu Duta Genre, Muhammad Rizki melanjutkan dengan menyampaikan materi bahwa Duta Genre hadir untuk menekan permasalahan segala permasalahan remaja. Terutama permasalahan seputar seksualitas, bahaya seks bebas penyalahgunaan narkoba, persoalan bahaya HIV/AIDS dan rendahnya pengetahuan kesehatan reproduksi dan usia kawin yang relatif masih rendah yang sering terjadi pada remaja .

Pembina OSIS SMP Negeri 3 Sindang lndramayu, Hj. Dini Sucita Asih, S.Pd. Kim., saat diwawancarai awak media mengatakan,
” mereka Duta Genre dari BKKBN sengaja kami gandeng untuk hadir di hadapan siswa untuk memberikan motivasi dan inspirasi sehingga terbangun Semangat untuk berkarya secara positif, berkreasi dan berinovasi serta memberikan tutor
sebaya dengan memberikan sesuatu yang terbaik bagi para remaja. ”

Kepala SMPN 3 Sindang lndramayu, Tariwan, S.Pd. MM. dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dan bersyukur banyak alumni yang sukses sehingga sengaja kami menghadirkan dan mengundangnya di hadapan para siswa supaya bisa memberi motivasi dan inspirasi serta menjadi teladan bagi para remaja, khususnya bagi siswa. Alhamdulillah, alumninya ada yang menempuh beasiswa S3 ke Kanada, ada yang sukses menjadi Eksportir produk UMKM lndramayu, para pejabat tinggi hingga di tingkat pusat. ”
(Jaya)