Globalisasi di Bidang Olahraga Mata kuliah : Glokalisasi Pendidikan Dasar S3 Pascasarjana UNESA

 

Oleh : Sunanto, M.Pd., mahasiswa S3 pendidikan dasar Pascasarjana Unesa.

Globalisasi yang merupakan proses meningkatnya interaksi manusia di seluruh dunia memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang olahraga. Adakah manfaat globalisasi dalam bidang olahraga?

 

Peluang karir internasional Globalisasi membuat olahraga menjadi mendunia. Perhatian olahraga tidak hanya datang dari satu tempat, melainkan dari seluruh dunia. Hal tersebut memberikan peluang karir yang jauh lebih luas bagi atlik, pelatih, dan pelaku olahraga. Berkembangnya olahraga Globalisasi memudahkan akses informasi dalam masyarakat olahraga lokal ke global maupun pelaku di bidang olahraga.

Kemudahan akses informasi dapat berupa pertukaran kemampuan maupun tenaga ahli yang dapat meningkatkan elemen-elemen yang mendukung berkembangnya olahraga dalam suatu negara. Jadi, olahraga bisa dijadikan tolak ukur kuatnya sebuah negara bisa di lihat dari olahraganya.

Menurut Joseph Maguire dalam jurnal Sport and Globalization (2000) menyebutkan elemen kesksesan tersebut adalah identifikasi sumber daya manusia, metode pembinaan dan pelatihan, efisiensi organisasi olahraga, dan juga pengetahuan kedokteran dan ilmu olahraga. Baca juga: Perubahan Positif Sebelum dan Sesudah era Globalisasi di Bidang Budaya Pertandingan olahraga internasional Salah satu manfaat globalisasi yang paling kentara adalah dihelatnya pertandingan olahraga internasional.

Pertandingan internasional meningkatkan interaksi antar bangsa-bangsa di dunia, menumbuhkan persahabatan dan juga memberikan dampak pada promosi negaranya, juga memberikan ruang untuk atlit dan pelatih mengambangkan bakatnya. Meningkatkan sarana dan prasarana olahraga bagian hal yang penting untuk memajukan olahraga di tingkat lokal dan gobal.

Perkembangan olahraga yang terjadi karena globalisasi diikuti oleh peningkatan sarana dan prasarana olahraga untuk mencetak sumber daya manusia yang siap bersaing di kancah internasional. Meningkatnya demokrasi dalam olahraga Globalisasi meningkatkan demokrasi dalam olahraga.

Sebenarnya olahraga itu yang ada di Indonesia waktunya menglobalkan olahraga seperti pencak silat pencak silat menuju olimpiade. (Silmi Nurul Utami 2022)