DPR RI Fraksi Partai Golkar H. Muhamad Nur Purnamasidi Berikan insentif untuk stimulus Kreasi dan Inovasi Desa Wisata di Lumajang.

Lumajang-menaramadinah.com-Komunitas pengelola Desa Wisata Dalan Tegalan Desa Karangbendo Kecamatan Tekung Lumajang mendapatkan stimulus modal Rp. 20.000.000,- untuk peningkatan kualitas SDM serta perbaikan sarana prasarana.

 

“Semoga insentif ini mendorong semangat untuk terus berinovasi, berkreasi melakukan berbagai terobosan untuk memajukan desa wisata” ungkap H. Muhamad Nur Purnamasidi DPR RI Fraksi Partai Golkar.

Desa wisata bukan hanya mengandalkan kekuatan keindahan alam sebagai daya tariknya. Tetapi juga harus ditopang dengan pelaku wisata yang memiliki pemahaman serta kesadaran dalam pengelolaannya. Imbuh politisi Senayan dari Dapil Jawa Timur IV Jember Lumajang dalam Serap Aspirasi, Sabtu (22 /10/2022).

Jagongan Bareng berlangsung hangat, dalam suasana kekeluargaan. Bang Pur, Ketua Konsolidasi Jawa II DPP Ormas MKGR ini Di dampingi Tenaga Ahlinya Pudholi Sandra yang juga Bacaleg DPRD Provinsi Jawa Timur 2024.

Sebagai tindak lanjut dari insentif yang diberikan, Bang Pur juga membuka peluang melalui Jalur Aspirasi untuk bea siswa baik PIP untuk pelajar SD, SMP serta SMA/SMK dan KIP Kuliah. Yakni 3 orang untuk KIP Kuliah, dan 300 orang untuk mendapatkan PIP. Pungkas anggota Komisi X yang dikenal sangat rajin turun ke lapangan membersamai masyarakat.

Potensi ekonomi Dalan Tegalan cukup besar untuk mendongkrak serta meningkatkan taraf hidup masyarakat. Omset para penjual kisaran Rp. 1.000.000 – 2.000.000 per lapak, terutama pada Hari Minggu.

“Potensi ekonomi dan sosial itu yang terus kita tingkatkan agar ke depan menjadi desa mandiri. Bertahap dan secara perlahan kita terus berupaya memberikan layanan terbaik.” Tegas Almuniri, pak Inggih/kepala desa. Prinsip kita apa adanya, bukan ada apanya. Guyup rukun, bahu membahu bergotong royong membangun Desa.

Setiap hari Minggu ditradisikan giat di Balai Desa yakni makan bersama warga dan perangkat Desa.

“Istilah tenarnya Gastrodiplomasi dengan aneka kuliner tradisional serta jajanan pasar.” Pungkas Kades yang dikenal bersahaja dan dekat dengan rakyat.

Pasinan dikenal juga dengan dusun meubel. Kualitas Produksi dan pangsa pasar nya sudah terkenal serta tersebar menjangkau berbagai daerah di Nusantara. Diharapkan kemajuan itu memberikan dampak, memberi efectdomino dalam berbagai aspeknya.(red. Alien)