Gotong Royong Membangun Pendopo MLKI

 

Pada hari ini Minggu, 9 Oktober 2022 Ketua Umum PASEBAN XI Ki Ageng Jontor Siswanto bersama Team Presidium MLKI (Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia) Kabupaten Blitar melaksanakan penebangan 4 Pohon Kayu Jati Belanda di Desa Kolomayan Wonodadi Blitar.

 

Lokasi tepatnya berada di belakang rumah Bude Endang Suprihatin putra wayah KRT Khasan Witono.

Pohon Kayu Jati Belanda berjumlah 4(empat) buah tersebut merupakan sumbangan dari Ki Ageng Jontor Siswanto kepada MLKI (Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia) Kabupaten Blitar, yang akan dijadikan PENDOPO AGUNG di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

Proses penebangan kayu dilakukan secara Gotong Royong oleh anggota Sanggar Kasepuhan yang bernaung di MLKI Kabupaten Blitar. Selama proses penebangan hingga menaikkan kayu-kayu jati ke atas truk dilakukan dengan semangat yang tinggi yang menunjukkan bahwa Budaya Gotong Royong masih ada di Indonesia. Bahkan sempat terjadi kecelakaan ringan dari sukarelawan yang terjatuh terdorong oleh kayu jati. Syukurlah Pakde, 60 an tahun yang terjatuh tidak terluka dan tetap bersemangat. Kejadian ini sangat mengharukan siapapun yang melihat peristiwa istimewa tersebut, menunjukkan betapa besar rasa kasih sayang diantara mereka sebagai penganut tata nilai leluhur Jawa.

“Harapan saya, bahwa Bantuan 4 pohon kayu jati ini adalah untuk 4 Soko Guru Pendopo Agung MLKI yang semoga memberi berkah yang bermanfaat untuk seluruh keluarga besar Kasepuhan Kabupaten Blitar dan sekitarnya”. Pesan Ki Ageng Jontor Siswanto, disela sela waktu ikut terlibat peristiwa gotong royong demi tetap handerek Hamemayu Hayuning Bawono, di Bhumi Jawa Nuswantoro.

Rahayu Sagung Dumadi
Rahayu Mulyo Jagad Nuswantoro

🙏🏻🙏🏻🇮🇩🇮🇩

Maria Veronica Tan