63 Calon Jamaah Umroh Gagal Berangkat, 31 Berangkat Hari Ini Lewat Jalur Dimestik

Mereka berasal dari berbagai daerah di Jatim, seperti Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

Menurut Ketua Asosiasi Muslim Penyelengara Hajiagi dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) Jawa Timur Sofyan Arif mengatakan, dari 94 calon peserta umrah tersebut menemui masalah. Kemudian 31 di antaranya telah berangkat pada hari ini, Selasa (27/9/2022).

“Menurut informasi yang saya terima, 31 jemaah berangkat lewat jalur domestik. Mereka berangkat dari Surabaya ke Jakarta, kemudian transit di Kuala Lumpur, Malaysia. Selanjutnya ke Jeddah, Mekkah,” kata Sofyan saat dihubungi wartawan.

Ia menjelaskan, gagalnya 63 jemaah umrah berangkat ke tanah suci ini akibat tidak adanya petugas validasi dokumen Internasional Certificate Vaccination (ICV) di bandara Juanda.

“63 jemaah umrah yang gagal berangkat itu murni disebabkan karena kelalaian petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya,”ujarnya.

“Saat kasus kemarin, pihak KKP beralasan kekurangan personel, mereka stand by-nya di kantor. Tapi ditelepon juga tidak muncul mereka. Alasan mereka pihak airlines dan PPIU (penyelenggara perjalanan ibadah umrah) tidak melapor,” ujar tambahnya.

MM