Rektor Lantik 8.450 Mahasiswa Baru Universitas Jember Angkatan 2022

Jember, 15 Agustus 2022-Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna melantik 8.450 mahasiswa baru angkatan 2022 dalam sebuah upacara di stadion Universitas Jember (15/8).

 

 

Para mahasiswa baru ini terdiri dari 7.398 mahasiswa jenjang Sarjana (S-1), 51 mahasiswa jenjang Sarjana Terapan (D-4), 696 mahasiswa jenjang Diploma Tiga, dan 305 mahasiswa jenjang Pascasarjana. Dalam sambutan pelantikannya, Rektor Universitas Jember mengajak seluruh mahasiswa baru angkatan 2022 untuk berjiwa juara. Juara dalam bidang akademik, juara di urusan non akademik bahkan juara dalam berbagai langkah kehidupan.

“Anda semua adalah generasi terpilih, karena terbukti mampu lolos dari seleksi ketat dan kini berhasil menjadi bagian dari keluarga Universitas Jember. Oleh karena itu saya minta seluruh mahasiswa baru angkatan 2022 memiliki jiwa juara, juara di bidang apa saja. Bukan berarti Anda harus selalu menjadi juara satu di sebuah kompetisi, tapi lebih kepada tekad untuk selalu menjadi juara atau menjadi yang terbaik dalam semua usaha Anda. Harapannya, jiwa juara bisa mendorong Anda selalu mengusahakan yang terbaik saat menjalani perkuliahan, saat terjun ke masyarakat dan menjalani berbagai bidang di kehidupan Anda,” pesan Iwan Taruna.

Untuk menyiapkan mahasiswa baru memasuki fase baru dalam kehidupannya, Universitas Jember menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 yang dilaksanakan di masing-masing fakultas dari tanggal 15 hingga 20 Agustus 2022. Dalam kegiatan PKKMB 2022, mahasiswa baru akan menerima materi informasi mengenai terkait cara belajar di perguruan tinggi, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, bahaya radikalisme dan narkoba, serta materi lainnya. Termasuk sosialisasi berbagai kegiatan yang ada di program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Sebelumnya dalam laporannya, Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember melaporkan, di tahun akademik 2022/2023 ini Universitas Jember diminati oleh 72.501 orang. Terdiri dari 21.051 orang pendaftar di jalur SNMPTN, dengan jumlah pendaftar ulang sebanyak 2.262 mahasiswa. Dari jalur SBMPTN ada 31.900 peminat dan jumlah pendaftar ulang sebanyak 3.501 mahasiswa. Diteruskan dari jalur SBMPTBR yang merupakan jalur mandiri, dengan peminat 16.857 siswa sementara yang daftar ulang ada 1.858 mahasiswa.

“Selain itu ada jalur PMDK yang khusus membuka pendaftaran untuk jenjang sarjana terapan dan diploma tiga, ada 2.204 pendaftar dan yang melakukan daftar ulang sebanyak 407 mahasiswa. Universitas Jember juga membuka pendaftaran program Alih Jenis bagi lulusan diploma tiga yang ingin melanjutkan studi ke jenjang sarjana, ada 128 pendaftar dengan 94 orang yang daftar ulang. Sementara untuk jenjang Pascasarjana tercatat 361 orang yang mendaftarkan diri dengan jumlah pendaftar ulang sebanyak 305 mahasiswa. Universitas Jember juga menerima mahasiswa dari Program Afirmasi Papua dan daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal atau 3T,” lapor Prof. Slamin. (iim)