Jurnalis Kebencanaannya

Surabaya-menaramadinah.com-Rakor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menggelar acara penanggulangan bencana di Grand Mercure, Jl. A. Yani, Surabaya, Sabtu (6/8/2022).

Kali iniĀ  BPBD bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) ini, mengambil tema, “Peneguhan Peran Strategis Forum PRB Jawa Timur Dalam Penanggulangan Bencana”.

Seusai pembukaan yang dihadiri salah satu Direktur BNPB tersebut, Wakil PWI Jatim Machmud Suhermono diminta mengisi materi tentang Jurnalisme Kebencanaan.

Menurutnya, Jurnalis yang meliput ke daerah bencana, harus mempersiapkan diri dan peralatan sesuai dengan kondisi di lapangan.

Alat-alat keselamatan, fisik dan mental juga harus dipersiapkan untuk menghadapi segala kemungkinan. Sebab, di daerah bencana memang sering terjadi ketidakpastian.

Karya jurnalistiknya harus memberikan informasi dan pendidikan bagi masyarakat, agar bisa mengantisipasi bencana sejak dini.

Penelusuran dan peliputan pasca bencana juga tidak kalah pentingnya. Sebab, tidak jarang terjadi ketidaktepatan dalam proses rekonstruksi.

Husnu Mufid