Semarak 1 Muharram di Kelurahan Panjunan, Mulai Ngaji Sejarah, Jiarah Hingga Gelar Pasar Rakyat

Kota Cirebon – Menaramadinah.com Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah yang jatuh pada Sabtu (30/7/2022) sejumlah kegiatan dilaksanakan oleh Karang Taruna Kelurahan Panjunan Bekerjasama dengan Rw 04 Pesayangan dan Rw 08 Panjunan.

Pada momen ini, masyarakat mengikuti beberapa kegiatan diantaranya ngaji Sejarah dan jiarah hingga pasar rakyat.

Kegiatan tersebut diawali dengan sholat ashar berjamaah, ngaji sejarah di Masjid Merah Panjunan dilanjutkan jiarah bersama di makam Pangeran Pekarungan. Dihadiri bukan hanya masyarakat sekitar namun ada juga yang datang dari luar daerah seperti Sitiwinangun, Jatiwangi, Kuningan dan nampak hadir Sultan Kacirebonan PRA Abdulgani Natadiningrat.

Ketua Pokdaryut ( Kelompok Sadar Kabuyutan) Mas Nang, mengungkapkan sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan seperti ini dengan mempelajari sejarah dan melakukan jiarah salah satu bentuk kita menghormati para leluhur kita.

Semoga kegiatan seperti ini dapat dirutinkan dan berkembang di daerah lain juga, apalagi kegiatan tadi bertepatan di tahun baru islam yang sudah seharusnya kita rayakan dengan semarak. Ungkapnya (hsn)