Warung Santri ” Matjar Sedekah” Tahfidz Qur’an Masjid Baabur Rezqi Daya Makassar

 

Makassar, menaramadinah.com
Matjar Sedekah alias Warung ( Toko) Santri Tahfidz Qur’an Masjid Modern Baabur Rezqi Pasar Niaga Daya Makassar resmi dibuka, untuk jamaah dan masyarakat , Jumat kemarin 1/7/2022.

Drs H Burhanuddin B MA, pembina LSM BPPI DPW Sulawesi Selatan yang menjadi Ketua Pengurus Masjid Baabur Rizqi Daya Makassar 2021- 2024 menjelaskan , Matjar Sedekah yang bermakna Warung atau Toko sarana Sedekah . Maksudnya siapapun yang datang masuk apalagi membeli barang , jajanan atau makanan di Matjar Sedekah itu sudah otomatis termasuk bersedekah , karena hasil usaha di tempat itu akan disalurkan untuk menopang kebutuhan logistik sehari- hari para santri Tahfidz Qur’an Masjid Baabur Rezqi.

Dalam awal soft lounching ” Matjar Sedekah” Tahfidz Qur’an ” Ghirroh ” di pelataran masjid Baabur Rezqi kemarin bersamaan dengan pembagian nasi berkah Gerakan Anti Lapar ” GAL” sebagaimana jadwal rutin yang telah berlangsung dua tahun lalu. Setiap hari Jumat seusai sholat Jumat, maka diadakan pembagian sedekah paket nasi dooz Gerakan Anti Lapar. GAL alias Gerakan Anti Lapar sendiri dirintis oleh Drs H Burhanuddin B MA, bersama Pengurus LSM BPPI DPW Sulawesi Selatan bersama Majelis Taklim muslimat Baabur Rezqi sejak 2020 lalu.Tujuan GAL selain bersedekah melalui makanan siap santap, merupakan ajakan peduli lingkungan khususnya terhadap kaum dhuafa, fakir miskin dan musafir lebih lebih anak anak yang sedang belajar Agama Islam di panti asuhan yang perlu bantuan perhatian .

Program GAL Gerakan Anti Lapar yang masih bersifat temporer karena dilakukan hanya setiap hari Jumat tersebut, perlu ditingkatkan kesinambungannya mengingat kebutuhan logistik ( konsumsi) bagi santri tidak bisa dianggap enteng. Sehari perlu makan tiga kali, pagi , siang dan malam. Tentu perlu managemen logistik tersendiri agar kebutuhan konsumsi para santri berjalan lancar, demi menunjang keberhasilan pembelajaran Tahfidz Qur’an. Itulah salah satu alasan mengapa Pengurus masjid Baabur Rezqi membangun warung santri bertajuk ” Matjar Sedekah” yang artinya Warung sekaligus sarana bersedekah.

Masjid Modern Baabur Rezqi yang terletak di kawasan Pusat Perniagaan Pasar Niaga Daya, Kecamatan Birringkanaya Makassar ini terbilang mengalami kemajuan pesat. Tidak hanya secara fisik bangunannya, namun serangkaian program kerja Pengurus masjid mengalami kemajuan yang patut dibanggakan.
Antara lain, penyelenggaraan Taman Pendidikan AlQuran dengan santri Iqro’ hampir 150 peserta, Pondok Tahfidz Qur’an dengan Belasan Santri, pengajian rutin Malem Jumlah berupa Majelis Dzikir Solawat dan Yasinan , serta Pengajuan hari besar Islam dengan mendatangkan Mubaligh dari berbagai kota/ daerah.

Secara umum , di Masjid Baabur Rezqi ini telah terjadi kemajuan managemen pengelolaan masjid modern yang tidak hanya mengutamakan bangunan fisik namun lebih menyentuh aspek ruhaniyah seperti lancarnya pelaksanaan sholat wajib lima waktu berjamaah, pelaksanaan ibadah sholat Jumat dan Sholat pada 2 dua Hari Raya dengan tersedianya para Petugas, Muadzin dan Imam Khusus yang dikoordinir oleh Pengurus masjud. Semua dimanage agar peribadatan di masjid Baabur Rizqi berjalan dengan lancar, khusyu’ dan nyaman.

Melalui media ini, Ketua Pengurus masjid modern Baabur Rezqi berharap , marilah kita bergandeng tangan bersama memakmurkan masjid Alloh , dukung kegiatan yang diinisiasi Pengurus termasuk adanya ” warung santri” Matjar Sedekah ini, karena kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kita yang memulai, siapa lagi “, terang Drs H Burhanuddin B, MA.

Esha/boer77