Otak Kita

Catatan Haryadi Pamungkas.

Otak manusia memiliki kapasitas memori yang sangat besar, lebih dari sekedar yang kita perkirakan selama ini. Semua yang kita lihat, dengar, rasakan dan alami, baik bersifat positif atau negatif semua akan terekam dalam memori otak tersebut.

Maka tidak mengherankan jika sifat atau kepribadian kita banyak ditentukan oleh apa yang terekam otak kita. Jika memori otak kita merekam lebih banyak hal-hal yang negatif, maka kita akan cenderung negatif. Jika hal-hal positif yang lebih dominan, maka kita akan memiliki sifat positif pula.

Kita dapat membuktikan sendiri, dengan siapa kita bergaul dan di lingkungan mana kita berada, maka itulah yang biasanya akan menentukan sifat dan sikap kita seperti apa. Karena pengalaman di lingkungan itulah yang akan terekam kuat dalam pikiran bawah sadar dan mengendalikan cara anda berpikir, bertindak dan mengambil keputusan dalam hidup kita.

Andalah yang menarik semua kejadian buruk atau baik kepada diri anda sendiri. Apa yang anda alami sekarang adalah penjelmaan fikiran dan perasaan anda dimasa lalu dan apa yang akan anda alami nanti adalah penjelmaan apa yang anda fikir dan rasakan saat ini. Jika anda saat ini berada dalam keadaan terpuruk dan tidak menyenangkan itu adalah hasil fikiran dan perasaan anda pada masa lalu. Segeralah putuskan mata rantai kemalangan itu dengan merubah fikiran dan perasaan anda menjadi positip dan baik.

Inspirasi dan Motivasi Pamungkas Center