Odalan di Puri Surya Majapahit Meriah dan Menceritakan Masa Hidup Hyang Surya

Mojokerto-menaramadinah.com-Puri Surya Majapahit kembali menggelar acara Odalan pada Rabu, 18 Mei 2022 pukul 09.00 wib-13.00 wib.

Pada Odalan 18 Mei  2022 ini berbeda dengan satu tahun yang lalu. Untuk tahun ini  boleh dikata meriah.

Prosesi upacara tetap seperti pada masa hidupnya Hyang Surya. Ada kirap, ada musik tradisional dari Ponggok Blitar serta ada sembayangan untuk Dewa Siwa.

Hanya saja tidak ada kirap keliling dibekas keraton Majapahit dengan menunggang kereta kuda. Sebagaimana dilakukan Brahmaraja XI atau Hyang Surya.

Namun demikian suasana cukup meriah di lingkungan Puri Surya Majapahit. Ditambah lagi orang orang lama pada berdatangan sambil mengenang masa lalu yang indah.

Putu Surya kepercayaan Hyang Surya atau Brahmaraja XI bersama rekan rekan mampu menggelar Odalan dengan meriah, aman, nyaman dan sukses.

Kesuksesan tersebut berkat dukungan para murid dan pecinta  Hyang Surya. Mereka datang berkelompok dan individu ikut merayakan Odalan di akhir masa Pandemi Covid 19.

Nampak undangan yang hadir  wajahnya ceriah dan menceritakan kenangan saat Hyang Surya masih hidup. Hal ini terlihat usai acara mereka duduk berkelompok kelompok bercerita saat bersama Hyang Surya masih hidup. Sambil tertawa dan minum kopi.

Sementara Bos Jetwing, Pedande dan Ketua Hindu di Puri Mojopahit Mojokerto berdiskusi tentang bagaimana masa depan peninggalan Hyang Surya. Rencananta akan dibikin yayasan. Biar akan mudah mendapat dana.

Sedangkan Putu Surya terlihat sibuk kesana kemari mensukseskan acara Odalan. Mengingat dirinya sebagai Pemangku Puri Majapahit.

Dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Ketua Hindu Mojokerto dan Husnu Mufid dari media posmo dan menaramadinah.com bisa hadir.

Husnu Mufid