Menakar Power Kyai Langgar dalam Kancah Politik

 

Catatan Arif.

Hehehe…Bukan isi Berita dari foto ini yang membuat Saya tertawa tapi Judul Beritanya yang menurut saya membuat siapapun akan tertawa geli.Bisa Anda bayangkan, sejumlah 300 lebih Kyai berkumpul dalam satu forum ( 25 April 2022 ) kemudian dilantik serta dikukuhkan dalam sebuah wadah yang diberikan label Kyai Langgar atau Musholla ? Pertanyaan penting dari momentum tersebut adalah : Apa urgensinya seorang Ketua umum Partai melantik para Kyai dan bila ranahnya politik, mampukah para Kyai yang konon jumlahnya Ratusan tersebut meningkatkan Raihan suara Partai yang mewadahi mereka dan ukuran keberhasilannya bagaimana ? Bila saat ini ada Kyai Langgar, apakah tidak mungkin bila kemudian lahir pula sebuah wadah yang diberi nama Kyai Masjid atau bahkan Kyai Dusun dan Kyai RT atau Kyai RW ?

Berpolitik memang Hak paling mendasar Setiap Warga Negara termasuk Para Kyai dan hal tersebut jelas harus dihormati dan dihargai oleh siapapun.Tapi bila Hak tersebut kemudian diejawantahkan dalam sebuah Sikap Politik dimana Mereka yang Mengaku Kyai-kyai melebur dalam sebuah wadah kemudian keberadaan Mereka dikukuhkan oleh Ketua Umum Salah satu Partai, tidakkah kemudian hal tersebut akan menjadi sesuatu yang rancu? Tidakkah Keberadaan Ulama dalam Bermasyarakat menjadi acuan umat untuk bersikap Sami’na wa atho’na ( Kami mendengar fatwa ulama dan Kami taati fatwanya )? Bila kemudian Para Ulama yang tergabung dalam Wadah bernama Forum Kyai Langgar tersebut keberadaannya justru dikukuhkan oleh Ketua Umum Partai Politik, kepada siapakah kemudian Sikap Sami’na wa Atho’na umat akan dihaturkan ? Kepada para Kyai Kyai atau malah kepada Sang Ketua Umum Partai Politik yang melantik ?

Menurut Saya, sudah selayaknya Tindakan Konyol dalam Berpolitik seperti ini dihindari.Saya jelas menghargai dan menghormati pilihan politik siapapun termasuk para Kyai.

Tapi apabila Pilihan Politik tersebut diejawantahkan dalam dukungan yang vulgar dan terkesan konyol, tidakkah ini akan berakibat meruntuhkan kepercayaan umat kepada pemuka agama yang harus diakui makin lama makin terlihat nyata tingkat penurunannya ?

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah Apa sich kontribusi utama yang diberikan oleh Sang Ketua Umum Partai Politik yang telah melantik Jajaran Kyai yang mengaku Kyai Kyai Langgar tersebut dalam Proses Dakwah Islam ala Aswaja di Nusantara dan bukti nyata kontribusinya ?

Salam Hormat
Arif – Pegiat Pojok Baca Nahdliyyin