SMKN 8 Jember Mengisi Bulan Ramadhan Dengan Kegiatan Positif

 

Menaramadinah.com,Jember-Marhaban Ya Ramadhan. Alhamdulillah saat ini kita masih diberikan kesempatan bertemu bulan Ramadhan, bulan penuh Rahmat dan Ampunan.

 

Di bulan mulia ini, kita dianjurkan untuk mengisi dengan kegiatan positif agar banyak menuai pahala. Seperti yang diterapkan di SMKN 8 Jember, dimana kegiatan Pondok Ramadhan dilaksanakan disela-sela kegiatan belajar mengajar.Selain itu, khusus untuk siswa kelas XII pada bulan Ramadhan melaksanakan kegiatan UKK.

Pondok Ramadhan 1443H ini mengambil tema “Meraih Berkah Ramadhan Wujudkan Merdeka Belajar.” Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 6 hingga 14 April 2022.

Yang unik dari kegiatan Pondok Ramadhan kali ini adalah karena adanya kerjasama dari pihak Kantor Urusan Agama Kecamatan Semboro yang juga sedang melakukan kegiatan Go To School (Safari Ramadhan ). Pihak KUA pun turut menjadi pemateri dalam kegiatan ini dimana materi yang diberikan mengenai sejarah perjuangan dakwah Rasulullah dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Selain mendapat siraman rohani bagi siswa kelas X, untuk siswa kelas XII pun melakukan kegiatan positif di bulan Ramadhan dengan mengikuti Ujian Akhir Sekolah dan pelaksanaan UKK.

Dimana ujian tersebut dilaksanakan serentak di semua bidang keahlian, diantaranya bidang keahlian yang di ujikan yaitu bidang teknik kendaraan ringanringan otomotif, bidang teknik dan bisnis sepeda motor, bidang teknik komputer dan jaringan, keahlian rekayasa perangkat lunak, multimedia, agribisnis tanaman pangan dan holtikultura dan pemulihan dan pembenihan tanaman

Perlu di ketahui juga untuk penguji yang menilai ujian tersebut berasal dari dunia usaha yang ternama, diantaranya dudi yang menguji yaitu berasal dari PT Benih Citra Asia (BCA), AUTO 2000 Jember, ASCO Daihatsu Jember, Maspion IT dan Central Yamaha Jember.

Bapak Ir. Edi Setyono, M.Pd selaku kepala SMKN 8 Jember mengungkapkan bahwa UKK tahun ini cukup spesial, mengingat pelaksanaannya yang berlangsung di saat bulan Ramadhan. Meski begitu Bapak Edi merasa bangga melihat begitu semangatnya seluruh panitia dan pihak yang bertanggung jawab dalam terlaksananya Ujian Akhir Sekolah ini. “Semoga semangat ini tidak sia-sia dan hasil ujian oleh siswa mendapatkan nilai yang memuaskan” lanjutnya.

Mengingat kegiatan tersebut masih dalam situasi penyebaran virus covid-19 di kabupaten Jember, oleh karena itu semua kegiatan di bulan Ramadhan ini tetap penerapan protokol kesehatan covid-19 sesuai anjuran pemerintah.