Kunjungan Kampus Smankar di UMM & UNISMA, Bidik Opsi Universitas Terbaik

Lamongan-Menaramadinah.com. Kunjungan kampus merupakan suatu kegiatan yang diadakan di suatu sekolah dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan baru di dunia kampus, serta dapat dijadikan opsi sebelum masuk ke jenjang universitas.

Sebagai agenda rutin tahunan, SMA Negeri 1 Karangbinangun, Lamongan, Jawa Timur melakukan Kunjungan dan Safari Kampus di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Islam Malang (UNISMA), Rabu, 30/3/2022.

Ketua Panitia Kunjungan dan Safari Kampus Smankar 2022, Sutaji, S. Pd dijuatkan Waka Kurikulum Smankar, Diana Sintaturi Rizal, S. Sp, M. Pd mengatakan kegiatan Kunjungan Kampus semacam ini dapat membantu untuk memperkaya informasi yang akan dijadikan opsi sebelum masuk ke jenjang universitas.

Hanya saja situasi pandemi seperti saat ini, untuk melakukan kunjungan kampus memang cukup menyulitkan, beberapa universitas mungkin ada yang belum mengizinkan pihak sekolah untuk melakukan suatu kunjungan.

‘Memang beberapa universitas lainnya juga ada yang membolehkan tetapi peserta tidak boleh melebihi kapasitas. Karena PTN belum bisa menerima secara maksimal, maka tahun ini Smankar membidik PTS yang terbaik di kota Malang, salah satunya adalah UMM dan UNISMA, ” terangnya.

Tiba di Kampus UMM rombongan Smankar disambut Bagian Kehumasan dan Sue Penerimaan MABA. Dua pemandu yakni
Kak Budi Candra dan
Kak Hafidz Saifullah, dua mahasuswa senior Pendidijan Bahasa Inggris yang juga Anggota BEM UMM itu memandu siswa untuk Safari Kampus, yakni pengenalan dunia kampus dan program-program kampus.

Dari pantauan media ini, kegiatan Safari Kampus di UMM digelar secara Outdoor. Di taman yang luas, rindang dengan beberapa Gazebo di samping kanan Perpustakaan UMM itulah acara seremonial dan penyerahan cinderamata antara pihak kampus dan Smankar. Acara dilanjut dengan pemaparan oleh salah satu Dosen Psikologi UMM dengan topik Motivasi Siswa bisa beradaptasi dengan Lingkungan kampus. Sebelumnya Kak Budi dan Hafidz bersama timnya juga menggelar Test Bakat dan Minat Siswa.

Di saat para siswa masih mengikuti paparan materi, Kepala Smankar dan bapak ibu guru pendamping melakukan ramah tanah dengan pihak kampus, yang diterima oleh Bag. Sie Penerimaan Mahasiswa Baru. Setelah saling bertukar informasi, dan dirasa cukup maka acara diakhiri dengan sesi foto bersama.

Berlanjut ke kampus Unisma, rombongan siswa Smankar diterima dengan sangat terhormat di Auditorium yang megah dan representatif. Wakil Rektor 4 Bidang Kelembagaan, Publikasi, dan Teknologi Informasi
Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P. memaparkan materi yang menyangkut visi, misi dan program studi di Unisma secara lengkap sebagai panduan dan wawasan siswa dalam memilih masuk di kampus yang diminati.

Sedangkan Kepala SMA Negeri 1.Karangbinangun, Drs. H. Ali Nurdin, M. Pd., dalam sambutannya menguraikan pentingnya mengenalkan dunia kampus pada siswa untuk menumbuhkan minatnya meneruskan pendidikannya.

“Kunjungan kampus atau safari kampus bisa memotivasi siswa mencintai dunia kuliah. Jika siswa ada yang belum suka, maka dikenalkan, ibarat orang minum atau pergi ke warung kopi, maka lama-lama akan tumbuh rasa senang dan cinta, ” katanya.

H. Ali juga mengucapkan terima kasih pada Unisma, khususnya Bag. Humas dan juga pada Dr. Ir. Hj Isti yang memberi motivasi siswa lewat paparan materinya, cukup jelas.

“Terima kasih kami telah diterima dengan sangat baik, mudah-mudahan Unisma ini menjadi alternatif bagi siswa Smankar dalam menentukan pilihannya menuntut ilmu di Perguruan Tinggi, ” tegasnya.

Di acara terakhir, dalam sesi tanya jawab Dr. Ir. Hj. Istirochah Pujiwati, M.P. juga memberikan hadiah khusus pada 4 siswi yang bisa menjawab pertanyaannya. Acara pun berakhir dengan sesi foto bersama. Rombongan siswa Smankar dan guru pendamping menunaikan salat Asyar di masjid Unisma, dan selanjutnya bersiap untuk perjalanan pulang ke Lamongan.
*DANAR SP*