Guru Penggerak Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember Bergerak Adakan Workshop Pelatihan Pembuatan Portofolia Digital

Jember-MenaraMadinah.com. 26 Maret 2022. Guru Penggerak Angkatan 3 Jember 5.2 dan Motivator Literasi mengadakan Workshop Pembuatan Portofolio Digital di aula PGRI Kecamatan Sukorambi Jl. Ikan Hiu 02 yang berlangsung selama 3 hari dimulai 26 Maret – 28 Maret 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru diantaranya:
1. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang Akun belajar.id.
2. Meningkatkan pengetahuan peserta tentang Google Sites untuk pembuatan Portofolio Digital.
3. Meningkatkan kemampuan peserta dalam pembuatan Portofolio Digital Menggunakan Google Sites.
4. Meningkatkan kerjasama antar guru di Kecamatan Sukorambi khususnya dan para guru secara global.

Kegiatan workshop diikuti oleh 41 guru perwakilan dari 19 lembaga Sekolah Dasar sekecamatan Sukorambi dan dihadiri oleh :
1. Ketua PGRI Kecamatan Sukorambi sekaligus ketua Panitia, Agus Sugiharso, S.Pd.
2. Kabid Dikdas SD Dispendik, Dra.Endang Sulistyowati,MPd.
3. Koordinator pengawas Dispendik Kec.Sukorambi Drs.Bambang Ruskanar, MPd.
4. Bengkel Pemateri antara lain : Sudiarto,SPd.MPd, Halifa, S.Pd, Mutmainah,S.Pd, Agustina Indriani,S.Pd, Ratih Dwi Puji L,S.Pd, Hendi Agusdianto,S.Pd, Guntur Bayu Wibisono, S.Pd, Titik Kurniawati, S.Pd.

Ketua PGRI Kecamatan Sukorambi Agus Sugiharso,SPd mengungkapkan suatu anugerah yang luar biasa sejak adanya Guru Penggerak wajah pendidikan di kecamatan Sukorambi mulai bersinar semakin lebih baik. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan Guru Penggerak Kecamatan Sukorambi diantaranya:
– Workshop Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara saat ulang tahun PGRI pada bulan November 2021.
– Lokakarya dengan tema “Kurikulum Merdeka dan Guru Belajar” pada Sabtu,19 Maret 2022.
– Workshop Pembuatan Portofolio Digital pada hari ini Sabtu, 26 Maret 2022 sampai Senin, 28 Maret 2022. Ungkap Agus Sugiharso.

Kabid Dikdas SD Dispendik Dra.Endang Sulistyowati,MPd dalam sambutan membuka acara workshop mengungkapkan bahwa guru tetaplah menjadi lentera membangunkan rakyat dari gulita kegelapan. Pendidik punya satu tugas dan tanggungjawab besar mendidik anak didik kita untuk menerima estafet kita semua karena pada saatnya kita akan turun menikmati masa tua. Ungkap Endang.

Lebih lanjut Kabid Dikdas SD Dispendik Dra.Endang Sulistyowati,MPd menambahkan bahwa urip itu kudu urup yaitu kita hidup tidak sekedar hidup tapi bagaimana kita bisa memberikan cahaya manfaat pada semua orang. Sekarang ada sekolah merdeka dengan “Kurikulum Merdeka” tapi ada aturan koridor standar Nasional. Kepala Sekolah bisa merencanakan program tidak sekedar biaya operasional sekolah tetapi bisa juga di RKAS untuk kegiatan seperti Workshop ini. Kita punya kewenangan mengembangkan program belajar sehingga dari 19 lembaga yang ada di kecamatan Sukorambi akan ada warna kurikulum berbeda sesuai situasi kondisi, silahkan berikan cahaya perbedaan itu. Pungkas Endang.

Sementara itu salah satu pemateri adalah Pengajar Praktik Calon Guru Penggerak yaitu Bpk Sudiarto,SPd.MPd mengungkapkan bahwa Portofolio Digital merupakan kumpulan informasi yang berupa teks, gambar, foto, audio, dan video yang disimpan didalam media digital. Pembuatan portofolio ini sangat penting bagi peningkatan kreativitas guru dalam pembelajaran yang sesuai dengan kodrat zaman yaitu Pembelajaran di Era Digital Global dan mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Portofolio digital mudah diakses, mudah diperbaharui, lebih awet, dan ramah lingkungan. Ungkap Sudiarto.

Jurnalis : Lukman Hakim