Program Kampung Bersih Bebas Miras dan Narkoba Rw 06 Astanagarib Kota Cirebon

Kota Cirebon – Astanagarib bukan saja mewujudkan kampung wisata religi namun kali ini di kampung tersebut memprogram kampung Bersih Bebas Miras dan Narkoba, sebagai implementasi peran masyarakat guna mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba dilaksanakan ditandai dengan pemasangan spanduk oleh pengurus dan warga Rw 06 Astanagarib.

Sinergitas dan kerjasama dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba tergambar dalam acara giat menyambut bulan suci Ramadhan, yang diinisiasi oleh pengurus Rw 06 Astanagarib.

Firdiansyah Ketua Rw 06 Astanagarib mengatakan, sebagai Ketua Rw dirinya menyambut baik dan berterimakasih karena program Kampung Bersih Bebas Miras dan Narkoba ini bisa dilaksanakan, karena narkoba ini sudah menjadi ancaman yang nyata bagi kehidupan sehingga butuh keseriusan dan kerjasama semua pihak untuk memberantasnya.

“Narkoba sebuah ancaman yang tidak kelihatan, tapi nyata, sehingga sering kali terjadi penyalahgunaan oleh anak-anak muda kemudian berdampak luas. Jadi saat ini pemberantasan narkoba harus melibatkan seluruh unsur dan stakeholder baik itu di tingkat atas hingga tingkat bawah.

Maka tanpa adanya kerjasama pemberantasan narkoba tidak akan bisa berjalan secara maksimal. Sehingga tujuan program Kampung Bersih Bebas Miras dan Narkoba ini adalah agar setiap masyarakat memiliki daya cegah, daya tangkal dan berani menindak narkoba.

“Tentu kami sebagai pengurus kampung tidak bisa berjalan sendiri. Perlu menggandeng elemen masyarakat, karena hakikatnya program kampung bersih bebas miras dan narkoba ini adalah dari masyarakat, oleh masyarakat, dan diperuntukkan oleh masyarakat,” tegasnya. (isi)