Pemanfaat Lahan Berdasarkan Skala Prioritas Dan Kebutuhan Mendasar.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Hamparan tanah yang ada perlu ada penyikapan yang produktif.Hal ini di sampaikan penulis yang juga selaku penasihat posbakumadin Blitar dan Trenggalek di sore hari ini.Santer terdengar kesulitan mendapatkan minyak goreng membelalakkan kita semua.

Pemanfaatan lahan yang ada seyogyanya bisa menjadi sarana belajar nyata tentang kebutuhan riil masyarakat.Kelangkaan ini akan menjadi tidak perlu terjadi manakala masing masing daerah mempunyai program pengamanan bagi para warganya.

Pemanfaatan lahan harusnya ada skala prioritas dan tidak hanya melulu untuk tanaman yang di rasa mempunyai prospek bagus akhirnya semua di tanami jenis tanaman itu itu saja.Pembentukan kelompok dari masing masing masyarakat petani seyogyanya bisa di ciptakan.

Kelangkaan minyak goreng harusnya bisa di antisipasi ketika sudah terbentuk komunitas petani sawit juga petani penanam kelapa.

Aktifitas seperti ini apabila bisa terfikirkan dan di aplikasikan langsung,selain bisa menjaga kestabilan harga,kekuatan pasar dan faktor yang lainnya,juga akan berimbas kekuatan lokal tidak akan terpengaruh adanya imbas kelangkaan minyak goreng. Bagaimana tanggapan anda.?