Kegiatan Pembangunan,Perlu Perhatian Bersama.

Oleh : Moch Agus Slamet, SE, MM Wapemred menaramadinah.com.

Banyak proyek terbengkakai yang perlu mendapattkan penyikapan kita bersama.Hal ini di sampaikan penulis yang juga penasihat posbakumadin Blitar dan Trenggalek ini.

Banyaknya permasalahan yang terjadi di lapangan,yang sempat di tinjaunya langsung,ternyata banyak sekali titik titik proyek yang terbengkalai baik yang dari proyek dana desa, dan yang paling membuat gemes dan tidak habis fikir,ternyata proyek yang di kerjakan rekanan ada juga yang mandek di tengah jalan.

Dengan di kerjakan rekanan yang melalui proses tender,di pastikan akan terpilih dari yang terbaik untuk itu.Kehadiran konsultan pengawas yang di bayar Negara dengan tugas utama mengawasi secara full kegiatan pembangunan yang di kerjakan oleh rekanan pemenang tender juga di adakan.

Keterlibatan pengawasan tidak hanya cukup dari konsultan pengawas,munculnya pengawas dari dinas terkaitpun ikut di libatkan dalam pengawasan pekerjaan proyek fisik tersebut.Berkaitan dengan ini semua ,rasanya mustahil sebuah proyek harus berhenti di tengah jalan.

Pertanggung jawaban kontraktor mutlak harus di minta terkait mandeknya proyek plus konsultan pengawas untuk mengurai permasalahan yang terjadi.Bagaimana tanggapan anda.?