Pandangan Yin dan Yang

 

Catatan :Master jeffry MD.

Yin dan Yang menggambarkan sesuatu yang sifatnya dingin dan cenderung dingin,lemah, seperti: wanita, malam, dingin,dll …
Yang menggambarkan sesuatu yang cenderung panas, kuat seperti : Pria, Siang, Panas.dll…
Sifat Yin dan Yang selalu bertolak belakang, namun penerapan dalam kehidupan Yin dan Yang harus imbang ( balance), apabila tidak stabil maka akan menimbulkan ketidak serasian dalam kehidupan. Dalam catatan ini saya hanya memaparkan sebagian saja makna yang terkandung dalam filosofi Yin Yang dan keserasiannya dalam Quran jika mungkin kurang pas mohon maklum sebab saya bukan ahli kitab.ini hanya petikan yang menurut saya pribadi sebagai catatan saya anggap ada kesinambungan.

1. Melambangkan adil : pada logo besar ikan yang ada di dalam lingkaran tersebut sama besar, ini melambangkan kita harus adil. Dalam Al Quran surat :
* QS Al Maidah ; 8 : …………Dan jangan sekali kali kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil……
* QS Al Maidah ; 8 : …Berlaku adillah, karena adil itu dekat kepada takwa
* An Nahl ; 90 : Sesungguhnya Allah menyuruh ( kamu ) berlaku adil dan berbuat kebajikan…..

2. Apa yang ada di alam semesta ini di ciptakan secara berpasang – pasangan, ada laki ada perempuan, ada siang ada malam, ada panas ada dingin,dll. Dalam Al Quran surat:
* QS Ya sin ; 36 : Mahasuci Tuhan yang telah menciptakan pasang – pasangan semuanya
* QS Fathir ; 11 : Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang – pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah

3. Di dalam warna hitam ada titik warna putih dan di dalam warna putih ada titik hitam, contoh yang paling gampang untuk membedah makna ini dapat di lihat pada kekuatan seseorang, sekuat kuatnya orang pasti memiliki kelemahan dan selemah-lemahnya orang pasti punya kekuatan.

4. Menggambarkan keseimbangan, bahwa kehidupan ini harus seimbang, apabila tidak imbang maka akan terjadi ketidak serasian dalam kehidupan, ada yang dampaknya kecil ada yang dampaknya besar, salah satu contohnya adalah komposisi dalam tubuh kita, apabila kita makan dan minum secara berlebih dan agak ngawur maka dalam tubuh kita terjadi penyakit seperti kolesterol, asam urat,dll. Namun bila pola makan dan minum kita teratur dan seimbang empat sehat lima sempurna serta sesuai takaran yang dibutuhkan tubuh kita maka kita akan lebih sehat.
* QS Al Infithar 6 – 8 : Hai manusia, apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhan mu Yang Maha Pemurah. Yang telah menciptakan kamu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikan ( susunan tubuh ) mu seimbang, dalam Dia kehendaki, Dia menyusun tubuh mu

Berikut adalah beberapa kata – kata yang di petik dari Filosofi Yin Yang berdasar teks asli dan kesamaan dengan Al Quran:

Filosofi Yin Yang | Ayat Al Quran
————- | ————-
Ri wang ze yue lai, yue wang ze ri lai |
Ri yue xiang tui er ming sheng yan |
Matahari berlalu kemudian bulan datang, bulan berlalu kemudian matahari datang, matahari dan bulan saling bergantian maka timbullah terang | Dia memasukkan malam kedalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam, dan menundukkan matahari dan bulan masing masing berjalan menurut waktu yang di tentukan…. ( QS Al Fatir 13 )

Dari uraian diatas tergambar bahwa beberapa filosofi China juga ada dalam Al Quran, mungkin ini salah satu alasan mengapa Rasulullah SAW berkata “ carilah Ilmu sampai ke negeri China”, karena banyak sekali yang dipelajari di sana, namun kita tetap harus bisa memilah, pemikiran atau filosofi yang sejalan dengan Al Quran dan yang tidak sejalan dengan Al Quran sehingga kita tetap berada dalam keimanan Islam.

Sebaik- baiknya orang pasti ada setitik keburukannya.
Seburuk-buruknya orang pasti ada setitik kebaikannya.semuanya ini adalah jalan kehidupan.