Menjelang Muktamar NU, Ketum PBNU Ziarah Makam Muassis NU

 

Jombang-menaramadinah.com-Menjelang pelaksanaan Muktamar ke-34 NU, KH Said Aqil Siroj, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, mengunjungi sejumlah pesantren besar di Jawa Timur pada Kamis (07/10/2021). Dia juga berziarah ke makam para pendiri NU di tiga pesantren di Kabupaten Jombang.

Kiai Said berkunjung ke Jatim didampingi Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Kiai Said memulai kunjungannya ke Pesantren Lirboyo, Kediri, dan ikut pengajian Kamis Legi yang diasuh oleh Rais NU Jatim KH Anwar Manshur. Kiai Said juga berkunjung ke Pesantren Al-Falah Ploso.

Dari Kediri, Kiai Said kemudian menuju Kabupaten Jombang dan mengunjungi Pesantren Tebuireng. Di sana dia berziarah di makam pendiri dan tokoh NU, Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, KH Wahid Hasyim, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, KH Salahuddin Wahid alias Gus Solah, dan keluarga.

Dari Tebuireng, kemudian Kiai Said berziarah ke makam salah satu pendiri NU, KH Abdul Wahab Chasbullah di Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras. Di sana, beliau disambut oleh pengasuh pesantran, KH Hasib Wahab, dan lainnya. Kiai Said kemudian berziarah ke makam KH Bisri Syansuri, juga pendiri NU, di Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar.

 

“Ziarah kubur itu merupakan prinsip saya. Saya kemana-mana masuk daerah kalau ada makam ulama atau auliya pasti saya ziarah, apalagi inin ke pendiri NU, (ziarah ke) Tebuireng, Denanyar, Tambak Beras,” katanya. L Zain El Faqiet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *